Gubernur Kalbar Melepaskan Kontingen Atlet Mengikuti PON XX di Papua

Jumat, 10 September 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmijdi S.H., M.Hum., melepas kontingen atlet Kalimantan Barat secara resmi yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpic nasional (Peparnas) Papua, di kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis, (09/09).

Gubernur Kalbar H Sutarmijdi S.H., M.Hum, ingin ada perbaikan prestasi dibanding PON dan Peparnas sebelumnya termasuk seluruh atlet untuk tetap menjaga kesehatan karena di masa pandemi. Gubernur memerintahkan Ketua KONI Kalbar untuk menyiapkan sumplemen dan vitamin agar stamina dan imunitas yang maksimal

“Kita ingin ada perbaikan prestasi dibanding PON dan Peparnas sebelumya, ini masih di masa pandemi jadi atlet harus jaga kesehatan, pak ketua KONI siapkan vitamin biar staminanya terjaga” ujar H Sutarmijdi S.H., M.Hum.,

Orang nomor satu di kalbar, memastikan cabang olahraga yang berprestasi membawa nama harum Kalbar akan disiapkan sarana prasana yang representative namun yang sudah ada tidak perlu lagi dibangun misalnya untuk cabang olahraga renang yang kini sudah memiliki Kolam Renang Standar Olimpic di Ampera Pontianak.

Tak hanya itu saja, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kalbar serta KONI Kalbar resmi melounching Official Music Video Kalimantan Barat PON XX berjudul Kalbar Pasti Juara.

Musik video ini dilounching bertepatan dengan Peringatan Hari Olahraga Nasinal (HAORNAS) 2021 sekaligus pelepasan atlet Kalimantan Barat yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dan Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) Papua

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji S.H., M.Hum menjelaskan official music video ini sangat baik untuk penyemangat atlet Kalimantan Barat saat berlaga pada pesta olahraga di tanah air tersebut apalagi diakuinya semua cabang olahraga Kalimantan Barat harus berpeluang meraih medali

“Bagus itu untuk penyemangat, semua cabang olahraga berpeluang dan harus berpeluang meraih medali” ujarnya.

Mengenai reward bagi peraih medali dirinya menegaskan semua sudah ada aturannya tinggal memikirkan persoalan besar kecilnya untuk diberikan.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalbar Windy Prihastari menjelaskan Official Musik Video ini merupakan perpaduan olahraga, seni dan pariwisata meliputi tarian 3 etnis Kalbar, Melayu, Dayak dan Tionghoa serta menampilkan lokasi destinasi wisata unggulan yang ada di Kalbar

“Kami ingin memberikan semangat demi perjuangan penuh srikandi dan ksatria olahraga Kalbar sekaligus sebagai bagian promosi wisata di Kalbar, didalamnya ada lokasi wisata dan atlet atlet Kalbar yang akan mengikuti PON Papua” katanya.

Menurut Windy didalam video ini terdapat berbagai atlet cabang olahraga yang tengah fokus menjalankan latihan dalam menghadapi PON mulai dari Angkat Berat, Angkat Besi, Panahan, Anggar, Wushu, Tarung Derajat, Tinju, Karate, Atletik, Balap Motor, Futsal, Terjun Payung dan Jalan Cepat.

Ditempt yang sama, Ketua KONI Kalbar Fachrudin D Siregar menjelaskan terdapat 20 cabang olahraga yang akan diikuti atlet Kalbar di PON XX Papua terdiri dengan jumlah total 160 orang kontingen diantaranya 107 atlet dan pelatih.

“Dari 37 cabang Kalbar loloskan 20 cabang olahraga yang seharusnya 24 cabang, persiapan terus setiap hari, sekarang sudah latihan ringan, kita ingin lebih baik dibanding PON lalu” tegasnya.

Fachrudin ingin ada perbaikan raihan medali emas diPON sebelumnya yang berjumlah 6 besar berada di posisi 22 besar perolehan medali. Dengan pelepasan oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji ini Ketua KONI Kalbar berharap semangat juang atlet lebih bertambah terutama dalam meraih medali emas. (L4Y).