KASAL : Membangun Kekuatan TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh

Jumat, 10 September 2021

Jakarta, BorneOneTV.com- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M menyampaikan, jika saat ini tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Oleh sebab itu, pada peringatan Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, TNI Angkatan Laut mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, terang Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M, Jumat (10/9).

Sementara terkait isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan taliban di Afganistan yang dinilai dapat menjadi pemicu yang menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia.

KASAL mengungkapkan jika Kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh.

KASAL juga menyinggung tentang konsep Operational Ready Force, atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

KASAL menegaskan kepada seluruh prajurit, meskipun di tengah pandemi Covid-19, prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari dengan profesional, berani dan tangguh.

”Ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi kita semua bersama seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit kembali setelah pandemi sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia maju,” tegas KASAL. (L4Y).