Plh Sekda Kalbar : Pentingnya Mengoptimalkan Potensi Diri Untuk Membangun Bangsa

Sabtu, 11 September 2021

Pontianak, BorneOneTV.com-Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Plh Sekda Prov Kalbar), Ir. Sukaliman, M.T., menjadi keynote speaker Dialog Kebangsaan dengan tema “Refleksi 1,5 Tahun Covid-19 : Upaya Menyongsong Kebangkitan Ekonomi Daerah Melalui Vaksinasi” yang dilaksanakan secara offline dengan jumlah peserta mahasiswa terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Aula Rumah Dinas Wakil Walikota Pontianak, Sabtu, (11/ 9).

Para pembicara pada kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (UNTAN), yaitu Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, S.E., M.Sos., Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, S.H., dan Gubernur Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Ardiansyah.

Plh Sekda Kalbar Ir. Sukaliman, M.T mengatakan upaya pemulihan ekonomi terus dilakukan pemerintah melalui kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Karena ini acara yang diinisiasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi, maka saya menghimbau untuk terus belajar karena setiap orang mempunyai potensi, passion, dan memiliki kebutuhannya masing-masing. Jadi, jangan takut untuk bersaing sehat, kerjakanlah apa yang menjadi potensi dan keinginan, untuk membangun bangsa dan negara,” ungkap Plh. Sekda.

Ir. Sukaliman, M.T., juga menyampaikan kondisi dan tujuan yang akan dicapai secara kolektif di Kalimantan Barat.

“Sesuai tahapan perencanaannya yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 Provinsi Kalimantan Barat dengan visi “Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”. Artinya, pencapaiannya tidak hanya dari pemerintah provinsi, tetapi juga pemerintah kabupaten/kota, termasuk juga Universitas Tanjungpura, karena Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) menjadi indikator pengukur kemajuan sebuah bangsa,” ungkap Plh Sekda .

Plh Sekda Prov Kalbar memotivasi mahasiswa untuk terus belajar hingga ke jenjang pendidikan tertinggi, karena IPM Kalbar akan terdongkrak jika angka rata-rata lama masa sekolah semakin tinggi. (L4Y).