Wagub Kalbar Mendampingi Menteri Pertanian RI Panen Padi VUB di Desa Kecurit 

Minggu, 12 September 2021

Mempawah, BorneOneTV.com-Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H mendampingi Menteri Pertanian Republik Indonesia DR. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H.,M.Si.,M.H pada acara Temu Lapang dan Panen Padi Varietas Unggul Baru (VUB) kerjasama Balitbangtan Kementan dengan Pemerintah Provinsi dan Pemda kabupaten Mempawah di Desa Kecurit Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah, Minggu, (12/09).

Acara Temu Lapang dan Panen Padi Varietas Unggul Baru (VUB) tersebut juga diikuti oleh Bupati Kabupaten Mempawah H. Erlina Norsan, S.H.,M.H beserta Forkopimda dan jajarannya,  Anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari, S.Pd, Anggota DPR RI Yessy Meilanni, Para Sekjen Kementerian Pertanian RI beserta Jajaran, Kepala BPTP Provinsi Kalbar serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar Heronimus Hero, S.P.,M.Si, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar M. Munsif serta para penyuluh pertanian, petani-petani yang menghadiri acara tersebut.

Kunjungan Mentan dalam rangka melaksanakan Panen Perdana Varietas Unggul Baru (VUB) Padi yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian Provinsi Kalbar bersama dengan petani Kecurit. Dalam hal ini Balitbang Pertanian Kalbar mengembangkan padi VUB Inpari Nutri Zinc.

Panen raya ini merupakan upaya Kementerian Pertanian (Kementan) untuk terus memacu daerah dan petani agar mempriotaskan peningkatan produksi dan ketersediaan pangan, di antaranya beras sebagai pangan pokok strategis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Menteri Pertanian Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, MH mencoba untuk mengoptimalkan  segala kekuatan lahan yang ada di Kabupaten ini  bersama-sama para petani untuk membudidayakan konsep Pertanian yang handal.

“Saya selaku Menteri Pertanian sangat mendukung konsep pembangunan pertanian Bupati Mempawah, dan Pemprov diminta untuk mensuportnya,” kata Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, MH, usai panen padi Desa Kecurit, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah.

Menteri Pertanian sangat yakin dengan lahan yang di Kabupaten Mempawah khususnya di Kecamatan Toho ini yang memiliki bukit dan gunung dan air bahkan dengan tanah yang sangat subur sekali serta menanti upaya-upaya pemerintah untuk mengakselerasi kepentingan-kepentigan yang ada di Kabupaten Mempawah dan menemukan sumber ekonomi.

Sementara, Bupati Mempawah Hj Erlina, SH, MH menyampaikan penghargaan kepada Menteri Pertanian yang hadir untuk panen padi di Kabupaten Mempawah serta para petani yang telah berhasil mengolah sawah sehingga sukses panennya.

:Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini yang belum diketahui kapan berakhirnya membuat perekonomian semakin terpuruk. Ada satu indikator yang tidak berpengaruh yakni sub sektor tanaman pangan,” kata Hj Erlina, SH, MH.

Kemudian, Bupati Mempawah juga berpantun, jemur padi untuk digiling dan dimasak menjadi nasi. Peran petani sangatlah penting sebagai penyangga ekonomi dimasa pandemi.

“Pemkab Mempawah tetap mengoptimalisasi pemanfaatan lahan sebagai penyangga ekonomi kita,” ujarnya.

(L4Y).