Wagub Kalbar : Mahasiswa Harus Memiliki Perencanaan Studi Yang Matang

Senin, 13 September 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. mengatakan sebagai mahasiswa yang berada di lingkungan baru, tentu harus banyak melakukan berbagai penyesuaian dan beradaptasi di lingkungan yang baru. Sudah saatnya meninggalkan dunia pelajar atau dunia kekanak-kanakan.

“Seorang mahasiswa harus menjadi arsitek diri dan memiliki perencanaan yang matang. Dapat menentukan kapan harus selesai studi dan bisa menunjukan prestasi kepada masyarakat dan bangsa. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, ikuti perkembangan teknologi, banggakan orang tua yang telah berharap anaknya bisa berhasil, serta jangan lupa untuk tetap meminta dan berdoa kepada Tuhan supaya apa yang dilakukan dalam menuntut ilmu mendapat ridha Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Panca Bhakti Pontianak yang diselenggarakan secara virtual di Ruang Analisis Data Kantor Gubernur Kalbar, Senin, (13/9).

Kemudian, mahasiswa yang jauh dari keluarga harus mulai hidup mandiri dan tidak tergantung oleh orang tua, serta harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan studi hingga dapat meraih cita-cita.

“Asah terus potensi dan bakat yang ada pada diri, salurkan dalam suatu wadah yang benar, sehingga bisa bersinar dan menyinari lingkungan sekitar,” pesan H. Ria Norsan.

Melalui PKKMB, mahasiswa diharapkan dapat menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air dan berdaya saing global, sehingga mampu memasuki fase kehidupan baru membentuk jati diri seutuhnya.

Masih kata orang nomor dua di Kalimantan Barat, PPKMB kali ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang memberikan banyak hikmah pembelajaran dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan.

Metode pembelajaran berbasis teknologi, termasuk pembelajaran secara daring menjadi suatu hal yang harus diadaptasikan dan kembangkan.

Seiring dengan dinamika adaptasi kurikulum yang perlu dilakukan oleh pihak perguruan tinggi, kondisi ini diharapkan dapat memicu kreativitas dan inovasi semua pihak disamping menguatkan implementasi adaptasi kebiasaan baru.

“Saya berpesan dengan berbagai kesibukan para mahasiswa, baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik tetap bisa menyelesaikan studi dengan sebaik-baiknya, mampu meraih prestasi, serta pengalaman dalam berorganisasi, khususnya intra kampus.

Hal tersebut merupakan capaian prestasi yang membanggakan,” pesannya.

Sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 82 Tahun 2022 Tentang Pemberian Beasiswa Kepada Mahasiswa Berprestasi Non Akademik, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menunggu prestasi kalian untuk dapat mengikuti program tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Selamat mengikuti pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru, semoga menjadi penerus dan pemimpin bangsa yang berkualitas,” ujarnya.

Sebagai informasi, Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru dibuka oleh Rektor Universitas Panca Bhakti Pontianak, Dr. Purwanto, M.Hum., dan diikuti secara virtual oleh 1.132 orang mahasiswa baru. (L4Y).