Dukung Petani di Kabupaten Mempawah Lebih Berdaya, Mentan RI Serahkan KUR dan Benih Padi Kepada Petani

Minggu, 12 September 2021

Mempawah, BorneOneTV.com-Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan senilai Rp 22,209 miliar kepada petani di Kabupaten Mempawah saat Panen Perdana Varietas Unggul Baru (VUB) Padi yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian Provinsi Kalbar bersama dengan petani Kecurit. Dalam hal ini Balitbang Pertanian Kalbar mengembangkan padi VUB Inpari Nutri Zinc di Desa Kecurit Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah, Minggu, (12/09).

Selain itu, Mentan juga menyerahkan bantuan benih padi Varietas Unggul Baru (VUB) kepada petani di Kabupaten Mempawah.

Menurut Mentan RI Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, Kementerian Pertanian di tengah kondisi pandemi seperti ini masih terus menggenjot penyerapan KUR agar semakin tinggi, sehingga, program yang menjadi salah satu instrumen kebijakan pemerintah itu dapat berjalan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dasar masyarakat dan menjadi penopang perekonomian nasional.

“Saya berharap kepada Gubernur dan Bupati setempat untuk sama-sama mendorong agar KUR bisa diserap lagi masyarakat menjadi lebih cepat. Dengan begitu, ekonomi dasar yang ada di semua daerah dapat berputar lebih cepat dan memperkuat ekonomi dasar yang berkaitan dengan pangan,” harap Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH usai menyerahkan bantuan KUR kepada Petani di Kabupaten Mempawah.

Dikatakannya, Kementerian Pertanian RI mendukung penuh sektor tanaman pangan untuk kemajuan pertanian di Kabupaten Mempawah sebagai salah satu penyokong lumbung pangan nasional.

“Ibu Bupati, lahanmu ini bagus sekali. Bertani itu membutuhkan kesabaran dan ketenangan,” ucapnya.

Sementara, Bupati Mempawah Hj Erlina, SH, MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH melalui Kementerian Pertanian sudah menyalurkan KUR kepada Petani di Kabupaten Mempawah dan juga menyerahkan bantuan bibit padi Varietas Unggul Baru (VUB) kepada petani di Kabupaten Mempawah.

“Pemkab Mempawah menyampaikan ucapan terima kepada Bapak H Syahrul Yasin Limpo yang telah menyerahkan bantuan KUR dan Bibit padi kepada kami,” ucap Hj Erlina, SH, MH.

Penyerahan bantuan secara simbolis berupa;

Benih padi varietas unggul baru inpari 36 kepada Sarimin dari Poktan Usaha Bersama Desa Kecurit, Benih padi Inbrida senilai 1 Milyar 837 jt kepada Suhartono dari Poktan Sido Makmur, Bantuan alat mesin pertanian berupa;

a. 2 unit traktor roda 2 kpd Gapoktan Gemol Sule dan Malaban VII, b. 1 unit traktor roda 4 kpd Gapoktan Rumpun Tani II.

4. Pembiayaan KUR dari BRI dg total penyaluran untuk sektor pertanian sebesar 22  M 209 jt yg dwakili oleh penerima Bpk. Idin Amen dari Desa Pak Onang.

5. Pembiayaan KUR dari BNI dg total penyaluran utk sektor pertanian sebesar 100 jt kepada Salpius Aliong berupa usaha penggilingan padi.

(L4Y).