Danlantamal XII Secara Buka Latihan Percepatan Penanggulangan Covid-19, dan Medis Pasien Covid -19 di KRI dan KAL 

Rabu, 29 September 2021

Mempawah, BorneOneTV.Com-Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman membuka secara resmi Latihan Percepatan Penanggulangan Penademi Covid- 19 ” Latihan Evaluasi Medis Pasien Covid-19 di KRI dan KAL serta Serbuan Vaksin di Lantamal XII di Dermaga Mako Lantamal XII Wajok Kab Mempawah Prov. Kalimantan Barat, Rabu, (29/09).

Latihan Percepatan Penanggulangan Covid-19 melalui serbuan Vaksin TA.2021 dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI AL Lantamal XII yang diinisiasi Staf Opeasi Lantamal XII dan Dinas Kesehatan Lantamal XII dengan melibatkan sumber yang berkompeten dalam bidangnya. Peserta Latihan berdasarkan Surat Perintah Komandan Lantamal XII sejumlah 275 orang personel Lantamal XII dari berbagai satker terkait yang terlibat langsung dalam setiap pelaksanaan serbuan vaksin Lantamal XII.

Dengan adanya Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan prajurit personel Lantamal XII dalam penangulangan Covid-19 dan meningkatkan kesiapsiagaan pangkalan dalam mendukung pemerintah mewujudkan target vaksinasi covid-19, Demikian Pungkas Brigjend TNI Marinir Andi Rukman, pada pembukaan Latihan tersebut.

Selain itu Danlantamal XII menyampaikan harapan kepada peserta Latihan, yaitu kesiapsiagaan dan sinergitas seluruh dengan jajaran Lantamal XII instansi terkait dalam rangka terwujudnya pencegahan dan penanggulangan pandemi wabah penanggulangan covid-19 melalui serbuan vaksin, dan terwujudnya sistem komando, kendali, komunikasi dan insformasi (k31) pencegahan dan penanggulangan serbuan vaksin, dalam rangka wabah pandemi covid-19 serta terwujudnya zero accident dalam prosedur dan mekanisme latihan pencegahan dan penanggulangan pandemi covid-19 melalui serbuan vaksin.

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada latihan tersebut yaitu pemberian materi klasikal selama 1 hari, kemudian akan dilanjutkan Latihan pemantapan teori dilapangan pada hari Kamis,.(30/09/2021),

Adapun materi yang diberikan kepada personel tersebut adalah untuk mendukung keberhasilan tugas pangkalan dalam mendukung penanggulangan covid 19, yaitu 3 M/5M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan dan Menghindari bepergian), dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan, Screening ,Trecing ,Tritment, dan kemudian Sistem Pelaporan.

Adapun pejabat yang hadir dalam acara ini seluruh Pejabat Utama Lantamal XII, Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut ( P) Suhendro S.AP.,M.Si (Han), Para Asisten Danlantamal XII, Kadis dan Kasatker Jajaran Lantamal XII, serta Dandim Mempawah, Kapolres Mempawah, Kapolsek Jungkat, Kepala Bidang P2P Provinsi Kalbar, dan Kadinkes Mempawah (diwakili), serta Kades Sungai Kunyit Mempawah Kalimantan Barat. (L4Y).