Terima Audiensi Ketua Umum KORMI Kalbar, Wagub Kalbar Harap Jaga Kekompakan dan Persatuan Pengurus 

Selasa, 28 September 2021

Pontianak, BorneOneTV.Com-Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., menerima audiensi Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Provinsi (KORMI) Kalbar, Adiyudha Permana, M.OR., beserta Pengurus KORMI Kalbar di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Selasa, (28/9).

Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H berpesan kepada Pengurus KORMI Kalbar untuk selalu menjaga kekompakan, menjaga persatuan dan kesatuan, serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Saya berpesan untuk selalu menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan, serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah,” pesan H. Ria Norsan, usai menerima Audiensi Ketua dan Pengurus KORMI Kalbar di ruang kerja Wakil Gubernur Kalbar.

Dalam pertemuan ini, Ketua KORMI Kalbar menyampaikan akan melaksanakan Rapat Kerja Provinsi (RAKERDA PROV) II KORMI Kalbar Tahun 2021.

“insyaallah, KORMI Kalbar akan melaksanakan Rapat Kerja Seluruh Kalimantan Barat pada tanggal 9 Oktober 2021 di Kota Singkawang,” ucapnya. .

Dikatakannya, KORMI merupakan olahraga rekreasi yang membutuhkan keinginan dan kesadaran agar tubuh tetap sehat dan bugar karena olahraga dilaksanakan dengan rasa gembira.

Beberapa bidang olahraga rekreasi yang berada dibawah KORMI yakni olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga tradisional, olahraga petualangan dan tantangan.

“KORMI merupakan olahraga. Contohnya, olahraga tradisional seperti olahraga egrang, galah panjang, sepeda onthel, gasing, dan lain-lain,” jelas Wagub.

Sementara, Ketua Umum KORMI Kalbar Adiyudha Permana, M.OR mengatakan, Audiensi dimaksudkan untuk memperoleh arahan dan dukungan terkait pelaksanaan Rakerprov KORMI II dan juga arahan tentang kelembagaan KORMI di Kalimantan Barat.

“Rakerprov II KORMI Kalbar yang akan dilaksanakan di Singkawang mengusung tema “Road To FORNAS Tahun 2022 di Palembang” kata Adiyudha Permana, M.OR.

KORMI yang sebelumnya bernama Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) merupakan organisasi keolahragaan masyarakat Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional,.

KORMI merupakan organisasi yang mandiri dan merupakan wadah berhimpun organisasi induk olah raga masyarakat Indonesia, yang juga merupakan mitra strategis pemerintah dalam mendukung program pemerintah membudayakan, membugarkan, mengolah ragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, untuk menuju Indonesia Bugar 2020-2045.

Selain telah membentuk KORMI di 7 Kab/Kota di Kalbar, KORMI juga menaungi 17 induk olah raga masyarakat di Kalimantan Barat antara lain : Induk Olahraga Airsoft Brotherhood Unity (ABU) Kalbar,Induk Olahraga Indonesia Elektronik Sport Association (IESPA) Kalbar,Induk Olahraga Federasi Airsoft Indonesia (FAI) Prov.Kalbar.

Kemudian Induk Olahraga Persatuan Streat Soccoer Indonesia (PERSSOCI) Kalbar,Induk Olahraga Parkour Indonesia (PI) Kalbar,Induk Olahraga Asosiasi BMX Indonesia (ABI) Kalbar, Induk Olahraga Senam Tera Indonesia (STI) Kalbar,Induk Olahraga Perkumpulan Olahraga Senam Massal Indonesia (POSMI) Kalbar,Induk Olahraga Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJI) Kalbar.

Dan Kebugaran Lansia Pralansia Indonesia (KLPI) Kalbar,Induk Olahraga Indonesia Cheear leading Association / Asosiasi Pemandu Sorak Indonesia (ICA/APSI) Kalbar,Induk Olahraga Perkumpulan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kalbar,Induk Olahraga Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Kalbar,Induk Olahraga Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Kalbar,Induk Olahraga Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalbar,Induk Olahraga Federasi Olah raga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) Kalbar,Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPBSI) Kalbar. (L4Y).