Danlantamal XII Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual dari Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya

Jumat, 01 Oktober 2021

Mempawah, BorneOneTV.Com-Komandan Lantamal XII, Brigjend TNI (Marinir) Andi Rukman didampingi Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.AP., M.Si., Pejabat Utama Lantamal XII, Asisten, Kadis dan para Kasatker Jajaran Lantamal XII mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, secara Virtual dari Ruang Operasi Mako Lantamal XII Wajok Mempawah yang disiarkan langsung dari Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur, Jumat, (01/10).

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, dan Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 adalah “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat apa yang terjadi sehari sebelumnya, yaitu tindakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI), untuk mengulingkan pemerintahan yang syah, dengan melancarkan aksinya dan dikenal dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S PKI), Tahun 1965,  dimana peristiwa itu menimbulkan korban petinggi TNI AD, dan oleh pemerintah mereka dianugerahkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Oleh sebab itu setiap tanggal 30 September, kita wajib memasang bendera Merah Putih dan dinaikkan setengah tiang, sebagai tanda duka Nasional, kemudian Esok harinya, atau 1 Oktober, bendera dinaikkan secara penuh, sebagai simbol kemenangan berkat “kesaktian Pancasila” yang mampu menangkal ancaman ideologi komunis dan ini artinya Ideologi Pancasila tidak dapat tergantikan dengan yang lain.

Adapun yang bertugas saat Upacara Hari Kesaktian Pancasila yaitu Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, dan Pembacaan Undang Undang Dasar Tahun 1945 oleh Ketua MPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A. dan Pembacaan dan Penandatanganan Naskah Ikrar oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, serta  Pembacaan Doa oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Sedangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam Pidatonya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini kiranya dapat dijadikan momentum untuk merefleksikan hal hal yang telah kita lakukan dan harus dilakukan untuk menjadikan bangsa Indonesia Tangguh di masa kini dan Tangguh di masa yang akan datang,

# Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila.

# Pancasila, NKRI Harga Mati

# Kstaria Jala Khatulistiwa.

(L4Y).