Mako Lantamal XII di Wajok Jadi Pusat Serbuan Vaksinasi TNI AL Mendapat Antusias Dari Masyarakat Maritim di Mempawah 

Kamis, 30 September 2021

Mempawah, BorneOneTV.com-Sehubungan dengan pelaksanaan latihan percepatan penanggulangan Covid-19 melalui serbuan Vaksin TA.2021 yang diikuti seluruh Prajurit TNI AL Lantamal  XII selama 2 hari sejak Rabu dan Kamis (29-30/09/2021), yang digelar di Mako Lantamal XII Wajok Kab. Mempawah, Kamis, (30/9).

Selain itu, Lantamal XII juga menggelar Serbuan Vaksinasi terhadap masyarakat maritim yang berada di sekitar Mako Lantamal XII Wajok.

Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, menyampaikan bahwa, “Serbuan Vaksinasi ini di gelar sebagai bentuk kepedulian Lantamal XII terhadap masyarakat Maritim yang berada di sekitar Mako”. Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros. selaku Dansatgas Penanggulangan Covid-19, aksi menyiapkan segala dukungan dan peralatan dan tak bosan bosannya berkordinasi dengan Tenaga Kesehatan yang berada di wilayah Kalimantan Barat untuk menggelar Serbuan Vaksinasi Maritim terhadap masyarakat yang belum menerima vaksin.

Tim Vaksinator merupakan Prajurit Lantamal XII yang menjadi peserta Latihan sehingga ilmu yang diterima dapat langsung diaplikasikan guna mendukung percepatan Penanggulangan Pandemi Covid-19. Selain itu Latihan Evaluasi Medis menjadi prioritas dan merupakan tujuan utama dalam pelatihan yang di gelar. Hal ini sengaja dilakukan agar mereka segera dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh, sehingga kedepan ketika ada kegiatan serbuan vaksinasi maritim  mereka dapat bekerja dengan baik, mengerti akan tugas dan tanggungjawabnya, sehingga semakin optimal.

Dalam pelaksanaan Vaksinasi Maritim ini, beberapa orang masyarakat saat ditemui Komandan Lantamal XII, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Lantamal XII sudah berinisiatif melaksanakan serbuan vaksinasi maritim ini sehingga mereka boleh mendapatkan Vaksin.

“Memang pemerintah setempat beberapa kali  melaksanakan kegiatan serbuan vaksin namun belum semua masyarakat maritim sekitar wajok menerima vaksin Covid-19. kami tidak punya waktu, kebanyakan warga sini bekerja di Pontianak sebagai pekerja kasar/kuli bangunan, kami lebih mengutamakan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga kami” Demikian ungkap salah satu pasien yang menerima Vaksin.

“Kepada masyarakat di Wajok  yang ada disekitar Komplek Mako TNI AL, bagi yang belum di Vaksin Covid 19 baik dosis 1 maupun dosis 2, mari  datang dalam serbuan vaksin ini. Tidak perlu takut dan ragu karena pemerintah menjamin vaksin yang suntikan sudah sesuai dengan standars keamanan dan telah melalui uji klinik yang ketat.  “Kapan saja masyarakat membutuhkan bantuan TNI AL, Prajurit Lantamal XII siap membantunya.  Lantamal XII tetap siap dan konsisten mendukung Serbuan Vaksinasi di Wilayah Prov. Kalimantan”, ungkap Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman.

Dukung terus Vaksinasi Covid-19, sehingga semua masyarakat sehat,  tetap disiplin 3M, menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih dan mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas agar Indonesia segera pulih dan bangkit dari pandemi. (L4Y).