Bupati Paolus Hadi Launching Vaksinasi Massal PMI Sanggau Secara Serentak

Foto:Suasana launching vaksinasi massal tahap I yang diselenggarakan PMI Kabupaten Sanggau di Aula SMAN 3 Sanggau,Oleh Bupati Sanggau

Sanggau,borneonetv— Bupati Sanggau, Paolus Hadi melaunching vaksinasi tahap I yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau di Aula SMAN 3 Sanggau, Senin 4 Oktober 2021. Vaksinasi massal PMI Sanggau dilaksanakan serentak di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

“Hari ini atas dasar keterlibatan semua pihak, Saya berterima kasih ke semua pihak. Dan hari ini saya melaunching kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Kabupaten Sanggau,”kata Bupati Sanggau Paolus Hadi, Senin (4/10).

Sasaran pertama, lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu adalah para siswa khususnya untuk setingkat SLTA. “Hari ini kita memulainya dan kita selenggarakan di SMAN 3 Sanggau, dan sasaran ada 300 an dan semoga ini percepatan juga untuk bisa sekolah tatap muka. Terima kasih kepada PMI,”ujarnya.

PH sapaan akrabnya juga menjelaskan, hari ini Kabupaten Sanggau masih dalam posisi 19 persen orang Sanggau yang di vaksin. Targetnya sampai Desember 2021 ini harus mampu mencapai 70 persen dan bahkan kalau perlu sampai 80 persen.”Nah hari ini kita sudah punya vaksin ada 150.518 dosis, Tapi itu dibagi dua nanti untuk yang vaksin pertama dan vaksin kedua. Harus kita kejar ini, Kalau lihat ini kita berharap apalagi kemarin yang ketika gebyar vaksin dari bapak Gubernur, Sanggau mampu memvaksin sekitar 8000 an orang.Ini puji Tuhan,”ujarnya.

Lanjutnya, Kalau itu bisa setiap hari dan banyak pihak terlibat, Ini  akan mempercepat vaksinasi. Kepada masyarakat, PH sapaan akrabnya meminta agar tak takut di vaksin. “Kami berusaha terus mencari vaksin,”tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menambahkan bahwa  vaksin yang tersedia dan sudah di terima di Kabupaten Sanggau sebanyak 150.518 dosis.

“Dari 150.518 itu yang sudah tersuntikkan sampai tanggal 3 Oktober 2021 sebanyak 107.454  vaksin. Jadi sisanya, vaksin yang sedang kita suntikkan dan harapannya habis dalam pekan ini,”katanya.

“Hari Sabtu dan Minggu kemarin kita melaksanakan gebyar vaksin, terima kasih Pak Bupati hadir, Kita nomor satu di Kalbar yang paling banyak. Sabtu dan Minggu kita berhasil memvaksin 8.202 orang, Itu luar biasa,”tambahnya.

Lanjutnya, jika itu dipertahankan setiap hari ataupun setiap pekan maka bulan Desember 2021 tercapai herd immunity dengan catatan vaksinnya cukup. “Tapi janjinya Pemerintah Pusat, Kementerian Kesehatan kedepannya akan memberikan vaksin Sebanyak-banyaknya untuk kita,”ujarnya.

Ginting juga mengucapkan terimakasih atas antusias  masyarakat. “Kami senang berkerja karena masyarakat Sanggau sangat antusias untuk vaksin. Jumlah sasaran untuk mencapai herd immunity sebanyak 350.360 jiwa atau 700.720 dosis,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Vaksinasi Massal PMI Kabupaten Sanggau, dr Afrocosta Siagian menyampaikan bahwa PMI sebagai organisasi kemanusiaan tentu berkeinginan membantu Pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini.

“Salah satunya adalah dengan membantu program percepatan vaksinasi kepada masyarakat. Untuk itu, PMI pusat melalui PMI Provinsi Kalbar telah mengalokasikan bantuan 25 ribu vital/dosis vaksin kepada PMI Se-Provinsi Kalbar untuk disebar ke 4 Kabupaten/Kota. Kabupaten Sanggau adalah salah satunya yang dipercaya untuk membantu percepatan vaksin dengan kuota 7000 vial/dosis vaksin,”katanya.

PMI Kabupaten Sanggau, lanjutnya, bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau telah memulai kegiatan vaksinasi massal tahap I pada tanggal 1 Oktober 2021 dengan tempat pelaksanaan di 19 Puskesmas se-Kabupaten Sanggau. Kegiatan vaksinasi ini berlangsung sampai tanggal 7 Oktober 2021.

“Untuk Kota Sanggau, vaksinasi massal tahap I ini akan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sanggau dan dua Puskesmas yaitu  Puskesmas Sanggau dan Puskesmas Tanjung Sekayam pada tanggal 4,5, dan 6 Oktober 2021,”ujarnya.

Vaksin pada tanggal 4 dan 6 Oktober 2021 akan dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sanggau dan Puskesmas Sanggau dengan menggunakan 520 vial/dosis vaksin di Aula SMAN 3 Sanggau dan Aula Puskesmas Sanggau.

“Kemudian pada 5 Oktober 2021 akan dilaksanakan oleh PMI Sanggau dan Puskesmas Tanjung Sekayam dengan menggunakan 500 vial/dosis vaksin di Aula Kantor Dinas Kesehatan yang lama,”tuturnya.

Lanjutnya, Adapun vaksinasi massal hari ini mencakup peserta vaksinasi sebanyak 193 orang siswa/siswi dari SMAN 3 Sanggau dan 30 siswa/siswi dari MAN Sanggau.

“Siswa siswi yang akan di vaksin adalah yang mayoritas duduk di kelas 12. Semoga kegiatan vaksinasi dapat memberikan dampak imunitas atau kekebalan tubuh yang lebih baik kepada pada siswa/siswi khususnya, dan kepada kepada masyarakat Kabupaten Sanggau umum. Dengan harapan akhirnya segera terbebas dari pandemi Covid-19,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut  Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting, Kepala BPBD Sanggau, Siron, Kepala Puskesmas Sanggau, Bassilinus, Kabid P2P Dinkes Sanggau, Sarimin Sitepu,Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Sanggau, Epifania Ratih Kumala Dewi, Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus beserta pengurus, Kepala SMAN 3 Sanggau serta para guru dan undangan lainnya.( JB )