Wagub Kalbar Hadiri Pembukaan Gebyar PON XX 2021 di Papua

Sabtu, 02 Oktober 2021

Papua, BorneOneTV.Com-Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., bersama Bupati Mempawah Ny Hj. Erlina, S.H., M.H., serta didampingi Ketua KONI Kalbar H. Fachrudin D. Siregar, Perwakilan dari DPRD Kalbar Arief Rinaldi, ST., dan Kepala Disporapar Kalbar Windy Prihastari, S.STP., M.Si., menghadiri Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional ini juga dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama bersama beberapa Menteri Indonesia serta disaksikan langsung oleh Ketua Umum KONI Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono dan Gubernur Papua Lukas Enembe, S.I.P., M.H., di Stadion Lukas Enembe Komplek Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Sabtu,  (2/10).

Penyelenggaraan PON XX 2021 Papua ini, diketahui sempat ditunda selama satu tahun karena pandemi Covid-19. Sebanyak 36 pertandingan yang akan dipertandingkan selama PON XX 2021 dengan 6.422 atlet yang ikut serta untuk memperebutkan 681 medali emas. Ada sebanyak empat klaster penyelenggaraan yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika.

Presiden Joko Widodo berharap PON XX 2021 ini dapat menjunjung sportivitas dengan segala suka cita, jadikanlah momentum ini untuk dapat menjalin kebersamaan.

“Mari unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX 2021 ini. Anak muda Papua diharapkan dapat mengikuti jejak para tokoh olahraga dan senimannya,” harap Presiden.

Pelaksanaan PON XX 2021 Papua mengisyaratkan kemajuan Papua dalam berbagai macam sektor, dalam hal persiapan infrastruktur serta kesiapan masyarakat Papua dalam penyelenggaraan PON XX ini.

“Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar, untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional”, ungkap Jokowi.

Pada kesempatan ini Wagub Kalbar menghadiri PON XX Papua 2021 ini untuk mengikuti pembukaan dan menyemangati defile kontingen atlit dari Kalbar.

“Jadi kami beserta rombongan KONI Kalbar mengikuti pembukaan PON XX Papua 2021. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar termasuk keamanannya dan masyarakat Papua yang ramah,” ucap Wagub Kalbar.

Dia berharap kepada para atlet Kalbar untuk selalu rendah hati dan menjaga sportivitas dalam berolahraga serta dapat mengharumkan nama Provinsi Kalbar.

“Harapan kita kepada atlit Kalbar dapat membawa prestasi gemilang dan selalu menjaga sportivitas olahraga,” harap H. Ria Norsan.

Selain itu, Ketua KONI Kalbar mengatakan tidak memasang target untuk PON XX Papua 2021 ini. kontingen atlet Kalbar yang dikirim ke Papua diharapkan dapat membawa prestasi yang terbaik untuk Kalimantan Barat.

“Kami tidak memasang target untuk PON saat ini tapi kami harapkan atlet yang dikirim kesini dapat meraih yang terbaik. Sebelumnya sudah dibuktikan dengan meraih 1 emas dan 2 perak,” jelas H. Fachrudin.

Dia juga mengatakan akan mengevaluasi penyelenggaraan dan pengiriman kontingen atlet Kalbar agar pesta olahraga 4 tahunan ini untuk atlet Kalbar akan lebih baik lagi.

“Untuk kedepannya kita akan evaluasi lebih besar lagi, disini sekarang ada 30 cabor dan kita mengikuti 20 cabor. Untuk cabor eksibisi PON XX Papua 2021 ini kita mengikuti 3 cabor dan Alhamdulillah kita meraih 2 emas dan 2 perunggu,” ujar Ketua KONI Kalbar.

Dalam hal ini, H. Erlina Norsan menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara kegiatan PON XX Papua 2021.

“Terima kasih untuk penyelenggara kegiatan, pada saat kedatangan Pak Wagub dan saya disambut dengan antusias dengan pelayanan yang maksimal,” ucap Istri Wagub Kalbar.

Dia berharap atlit dari Kontingen Kalbar mendapatkan prestasi yang gemilang dan selalu mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan atlit kita dapat medali emas dan ingat untuk selalu menjaga kesehatan agar tidak terpapar penyakit,” tutup Hj. Erlina Norsan. (L4Y).