Kakanwil Kemenag Kalbar Laporkan Persiapan Hari Santri Nasional Tingkat Kalbar Kepada Gubernur

Jumat, 08 Oktober 2021

Pontianak, BorneOneTV.com-Dalam rangka persiapan memperingati Hari Santri Nasional yang akan diperingati 22 Oktober 2021, mendatang, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalbar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si beserta jajaran melaksanakan Audiensi dan sekaligus melaporkan kepada Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum tentang persiapan Provinsi Kalbar memperingati Hari Santri Nasional Tingkat Provinsi Kalbar, di ruang kerja Gubernur Kalbar, Jumat, (8/10/2021).

Sejak terbitnya Keppres Nomor 22 Tahun 2015, setiap tahun Kemenag selalu rutin memperingati Hari Santri melalui berbagai macam kegiatan dengan tema yang berbeda-beda.

Secara berurutan, pada tahun 2016 Kemenag mengusung tema ‘Dari Pesantren Untuk Indonesia’. Kemudian tahun 2017 mengusung tema ‘Wajah Pesantren Wajah Indonesia’, tahun 2018 bertema ‘Bersama Santri Damailah Negeri’, tahun 2019 bertema ‘Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia’, tahun 2020 bertema ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’. Sedangkan untuk Hari Santri tahun 2021, Kementerian Agama mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’.

Tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’ adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Tema Hari Santri ini sangat penting di era pandemi covid-19 mengingat bangsa Indonesia harus bersiaga jiwa dan raga untuk segera tumbuh dan bangkit kembali menjadi negara yang tangguh dari berbagai krisis. (L4Y).