Program Padat Karya Penanaman 50 Hektare Propagule Bakau di Desa Padang Tikar Dikerjakan Oleh Warga Masyarakat

Kubu Raya,BorneOneTV- Sebanyak 200 orang warga masyarakat Desa Padang Tikar 1 dari 4 (empat) Dusun melakukan penanaman Propagule Bakau di lahan seluas 50 Hektare, di Desa Padang Tikar 1.

Penanaman Propagule Bakau di Desa Padang Tikar 1 tersebut merupakan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2020, yang dilaksanakan melalui kegiatan Padat Karya oleh masyarakat setempat dengan tujuan untuk membantu kesulitan ekonomi warga masyarakat di pesisir pantai akibat dari adanya pandemi covid-19 agar tetap bekerja dan bisa mendapatkan penghasilan.

Iwan Kurniawan, Anggota Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Desa Padan Tikar 1 menjelaskan, Penanaman Propagule Bakau seluas 50 herktare di Desa Padang Tikar 1 melibatkan 200 orang anggota LPHD dan warga masyarakat dari 4 dusun.

“Dan kegiatannya sudah dilaksankan dengan baik sesuai petunjuk teknis dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kapuas ( BPDAS ) Provinsi Kalimantan Barat,”jelas Iwan pada, (05/10/2021).

Lanjut kata Iwan, program penanaman propagule Bakau di Desa Padang Tikar 1, 100 persen selesai dikerjakan dan tidak ada kendala apapun, termasuk upah kerja bagi warga, semua selesai pembayaranya dan tidak ada pemotongan dari pihak Instansi manapun,”terangnya.

Menurut Iwan, penanaman Propagule Bakau dilahan seluas 50 herktare pada saat itu bertepatan masuknya musim barat, sehingga banyak Propagule Bakau yang sudah hidup dan bertunas menjadi rusak dan hanyut akibat di hantam ombak yang cukup besar pada saat musim barat,”tuturnya.

Iwan mengatakan, meskipun banyak Bakau yang rusak akibat faktor alam cuaca exstrim pada saat itu, namun program padat karya Propagule Bakau di Desa Padang Tikar 1 telah memberikan manfaat bagi warga masyarakat, dimana warga dapat tetap berkerja dan mendapatkan penghasilan pada saat kesulitan ekonomi, dimasa pandemi.

Iwan berharap, semoga kedepan program padat karya untuk masyarkat dapat terus berjalan di Desa Padang Tikar,”ucapnya. (Dodi).