Lantamal XII Siap Wujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh di Harkesal

Senin,11 Oktober 2021

Mempawah, BorneOneTV.Com-Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh Sesuai Tema Peringatan Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut (Harkesal) Tahun 2021 yang diperingati secara sederhana namun dengan penuh khidmat di Mako Lantamal XII Pontianak di Desa Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah, Senin, (11/10).

Peringatan Harkesal Tahun 2021 ini dipimpin langsung Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si, (Han) mewakili Danlantamal XII Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman dan diikuti Prajurit Lantamal XII, Prajurit Yonmarhanlan XII dan sekaligus membacakan

Amanat Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi M.Tr.(Han), CHRMP.

Hari Kesehatan Angkatan Laut Tahun 2021, yang bertemakan “Dengan Semangat Harkesal, TNI AL, siap Wujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Aspers Kasal, Laksda TNI Irwan Achmadi M.Tr.(Han), CHRMP, mengajak untuk bersatu padu untuk saling menjaga, baik menjaga diri sendiri, keluarga dan orang lain, yang ada di sekitar kita dari bahaya penularan Covid-19 ini.

“Ini adalah bentuk upaya kita dalam memerangi Covid-19. Kami harapkan, melalui Dinas Kesehatan Angkatan Laut selaku Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut, dapat melaksanakan pembinaan kesehatan yang baik dan paripurna sehingga dapat mewujudkan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya. Ini merupakan salah satu modal dasar untuk melanjutkan pembangunan nasional,” ajak Aspers Kasal, dalam amanat yang disampaikan Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si, (Han) saat menjadi Inspektur Upacara Harkesal Tahun 2021 di Mako Lantamal XII di Desa Wajok Hilir.

Aspers Kasal juga menyampaikan, bahwa upaya penyiapan kesehatan prajurit TNI Angkatan Laut menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung pelaksanaan Tugas TNI Angkatan laut, yaitu selalu berpedoman pada dua aspek yang sangat menentukan keberhasilan yaitu aspek kekuatan dan aspek Kesiapan.

Aspek Kesiapan Bidang Kesehatan dapat diwujudkan dalam bentuk kesiapan prajurit untuk melaksanakan tugas baik operasi militer perang (OMP), maupun Operasi Militer Selain Perang (OPSP).

“Apabila prajuritnya tidak sehat mustahil dapat menjalankan tugas dengan baik”, ucapnya.

Aspers Kasal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prajurit Korps Kesehatan atas Dedikasi, Loyalitas dan Pengabdian yang telah diberikan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban oleh TNI Angkatan Laut.

“Kami menekankan kepada Prajurit TNI AL untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa, karena segala pertolongan termasuk kesembuhan penyakit Covid-19 adalah datang dari Tuhan Yang maha Esa, dan tingkatkan terus upaya penyiapan kesehatan prajurit agar terwujud prajurit yang siap tempur dalam penugasan., terus meningkatkan dukungan dan pelayanan kesehatan TNI Angkatan Laut agar dapat menjamin kesehatan personel TNI Angkatan Laut dan keluarganya dari wabah Covid-19.

Kemudian, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kesehatan matra laut melalui peningkatan dukungan sarana dan prasarana kesehatan melalui pendidikan dan latihan bagi tenaga kesehatan TNI Angkatan Laut secara berjenjang dan berlanjut.

“Jalin kerjasama yang baik antar satuan maupun instansi diluar angkatan laut dalam upaya penceahan dan penanggulangan covid-19,” pesannya.

Selesai melaksanakan Upacara, acara dilanjutkan dengan Syukuran serta Doa sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME. Hadir dalam upacara ini yaitu, para Pejabat Utama Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal XII, Dansatrol Lantamal XII, Ka.Kuwil, Kadis dan Kasatker serta prajurit Lantamal dan Yonmarhanlan XII, dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. (L4Y).