Pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim Mirip Pilkada, Lim Peng Thay Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum

Senin, 11 Oktober 2021

Pontianak, Borneone TV.com- Ada yang menarik dari suksesi pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim Periode Ke 33 Masa Bhakti 2022-2027 di Sekretariat Perkumpulan Halim, Minggu (10/10) Pukul 09.00.

Pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Sosial dalam Pengurusan Pemakaman ini layaknya seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), menggunakan kertas suara, menampilkan foto para Calon Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim.

Para pemilih yang telah mendapatkan undangan Pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mendapatkan surat suara, lalu pemilih memasuki bilik pencoblosan dan memasukan surat suara yang sudah di coblos.

Pada Pemilihan Ketua Umum Periode Ke 33 kali ini, ada 4 Calon Ketua Umun Perkumpulan Marga Lim yang maju untuk dipilih sebagai Ketua Umum diantaranya, sesuai urutannya,    No 2 Lim Pou Kwang, No 4. Lim Hak Sia, No 5 Lim Peng Thay dan No 9. Lim Peng Kwang.

Proses Pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim dengan penerapan Protokol kesehatan dari Panitia Pemilihan dan berjalan dengan aman, lancar.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan, Lim Tak Khai, ada empat kandidat yang ikut dalam pemilihan  Ketua Umun Perkumpulan Marga Lim untuk dipilih menjadi Kerua Umum.

“Suara terbanyak menjadi Ketua Umun, dan suara kedua, Ketiga dan Keempat terbanyak menjadi Ketua 1, Ketua 2, Ketua 3 dan Ketua 4,” kata Lim Tak Khai.

Sehubungan dengan komposisi jabatan Ketua Umum dan para Ketua di Perkumpulan Marga Lim ada lima orang, maka, setelah pemilihan selesai, Ketua Umum dan para Ketua-Ketua yang terpilih akan melakukan rapat untuk memilih satu orang Ketua lagi dalam melengkapi 5 orang Ketua Umun dan 4 orang Ketua-Ketua.

Para kandidat yang didaulat oleh Anggota Perkumpulan Marga Lim untuk maju dalam pencalonan Ketua Umum ini pada periode Ke 32 masih menjabat sebagai Ketua Umum dan Ketua-Ketua.

Perolehan suara para kandidat Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim Kandidat Nomor 2 Lim Pou Kwang memperoleh 81 Suara,  No 4. Lim Hak Sia memperoleh 63 Suara, No 5 Lim Peng Thay memperoleh 170 Suara dan No 9. Lim Peng Kwang memperoleh 94 Suara.

Dengan perolehan suara ini mengantarkan Lim Peng Thay kembali menjadi Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim Periode Ke 33 Masa Bhakti 2022-2027.

Sementara, untuk suara kedua terbanyak Lim Peng Kwang menempati jabatan sebagai Ketua 1, suara ketiga terbanyak Lim Pao Kuang menempati Jabatan sebagai Ketua 2, suara keempat terbanyak Lim Hak Sia menempati jabatan sebagai Ketua 3.

Untuk Pemilihan tahun ini, Kandidat hanya empat orang, maka, Ketua Umum Terpilih bersama para Ketua-Ketua akan menentukan 1 orang sebagai Ketua 4 dari Pengurus Perkumpulan Marga Lim.

Surat Suara yang terpakai dalam proses pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim ini sebanyak 325 surat suara dan 1 suara Abstain karena tidak memberikan hak suaranya untuk memilih.

Proses Pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim yang sudah berlangsung sejak lama ini merupakan sebuah demokrasi yang sudah berjalan selama ini.

Dalam pemilihan ini, tidak ada Istilah “Kalah/Menang”, kandidat yang mencalonkan diri setelah proses pemilihan mendapatkan jabatan sebagai Ketua 1, Ketua 2, Ketua 3 dan Ketua 4 sesuai suara yang diperolehnya dalam pemilihan Ketua Umum Perkumpulan Marga Lim.

Setelah pemilihan ini, Ketua Umum terpilih bersama-sama para Ketua-Ketua akan membentuk Tim Formatur untuk membentuk  Kepengurusan Perkumpulan Marga Lim Periode Ke 33 Masa Bhakti 2022-2027. (L4Y).