Ketua LPHD Batu Ampar Bersyukur Adanya Bantuan Pembibitan dari Pemerintah dan Berharap Program Tersebut Berkelanjutan

Kubu Raya,BorneOneTV- Ketua Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Batu Ampar, Hermansyah merasa bersyukur adanya program bantuan bibit dari Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bagi masyarakat di Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya pada tahun tahun 2019, hingga tahun 2020 lalu.

Menururut Hermansyah, sejak yahun 2019, hingga tahun 2020, warga masyarakat di Desa Batu Ampar sudah mendapatkan bantuan bibit dari KLHK melalui Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kapuas Provinsi Kalbar sebanyak 40.000 bibit, terdiri dari bantuan bibit Bakau sebanyak 8000 batang, bibit pinang 10.000 batang, bibit jengkol 6000 batang, dan petai sebanyak 6.000 batang. Dan bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat, khusnya bagi warga Desa Batu Ampar,”terangnya pada,(04/10/2021) lalu.

Lanjut kata Hermansyah, dalam hal ini, warga juga sangat antusias dan senang sekali dengan adanya program bantuan bibit dari Pemerintah yang dalam bentuk tunai. Dimana masyarakat diberikan kebebasan untuk menentukan sendiri jenis bibit yang akan ditanam, sesuai dengan kebutuhan. Dan masyarakat juga diberikan kepercayaan untuk melakukan pembibitan sendiri melalui kelompok LPKHD Batu Ampar,”tuturnya.

Hermansyah berharap semoga program bantuan bibit tersebut dapat terus berkelanjutan, karena masih banyak warga membutuhkan dan belum kebagian,”harapnya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan BPDAS Provinsi Kalbar, Catur Basuki Setiawan mengatakan, bantuan bibit tersebut merupakan program pemerintah dari pemerintah melalui Kementerian LHK Cq BAPDASHL Kapuas Provinsi kalbar, dimana kelompok masyarakat lansung diberikan bantuan dana tunai yang ditransfer ke rek milik kelompok masyarakat itu sendiri untuk dikelola, sesuai dengan jumlah bibit yang sudah ditargetkan, yaitu 40.000 bibit yang telah ditanam pada tahun 2019 dan tahun 2020,”jelasnya pada,(05/10/2021).

Menurut Catur Basuki Setiawan, bantuan tunai yang diberikan kepada kelompok masyarakat bertujuan agar masyarakat itu bisa menentukan jenis yang mereka inginkan sendiri, sehingga diharapakan ada nilai ekonomis untuk masyarakat dan perawatannya pun sudah menjadi tanggung jawab kelompok masyarkat itu sendiri,” jelasnya.

Catur Basuki Setiawan berharap, agar kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan untuk merawat tanamannya, karena hasilnya juga 100 persen untuk kelompok masyakat itu sendiri,”ucapnya.(Dodi).