Brigjen TNI Eko Susetyo, Mantan Dandenkav-2/BC Yang Jadi Kapoksahli Pusterad 

Sabtu, 16 Oktober 2021

Jakarta, BorneOneTV.Com-Mantan Komandan Detasemen Kaveleri-2 Beruang Cakti (Dandenkav-2’BC) Kodam VI/Tanjungpura Kedua Tahun 2001-2005, Brigjen TNI Eko Susetyo dipercayakan Panglima TNI menjadi Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Detasemen Kavaleri-2/BC Kodam VI/Tpr disingkat Denkav-2/BC Dam VI/Tpr adalah salah satu satuan yang berada dijajaran Kodam VI/Tpr, yang langsung berada dibawah Pangdam VI/Tpr dan berkedudukan di Pontianak Kalimantan Barat. Satuan Denkav-2/BC Dam VI/Tpr berdiri sesuai Surat Perintah Kasad Nomor Sprin/337/III/1997 tanggal 27 Februari 1997 tentang penyusunan/pembentukan Denkav-2/BC Dam VI/Tpr.

Detasemen Kavaleri 2/Beruang Cakti atau Den Kav 2/BC yang Awalnya berada dibawah Kodam VI/Tanjungpura dan bermarkas di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, seiring dengan Likuidasi Kodam di Pulau Kalimantan menjadi 2 Kodam, Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XII/Tanjungpura.

Peningkatan satuan Denkav-2/BC menjadi Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti atau Yon Kav 12/Serbu berpindah Markas di Desa Peniti Luar, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat ini merupakan satuan bantuan tempur (satbanpur) pasukan Kavaleri dibawah Komando Kodam XII/Tanjungpura ini diresmikan oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Andika Perkasa bersama Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri Kodiklat TNI AD, Brigjen TNI Anang Dwitono, SE.M.M pada tanggal 30 Agustus 2016.

Saat menyerahkan Tongkat Komando Resor Militer 061/SK, Eko Susetyo telah menggunakan pangkat Brigadir Jenderal TNI, karena Brigjen TNI Eko Susetyo telah mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Pusat Penerbangan TNI AD.

Brigadir Jenderal TNI Eko Susetyo, M.M, adalah PATI TNI AD Alumni Akmil Tahun 1991 yang sejak 9 April 2020 telah mengemban amanat sebagai Kapok Sahli Pusterad.

Mantan Wakil Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Wadan Puspenerbad) miliki Tugas sebagai Kapoksahli Puaterad adalah membantu tugas dari Komandan Pusterad, agar Tugas Komandan dapat berjalan efisien, tepat sasaran, dan memberikan kontribusi untuk TNI Angkatan Darat.

Kapoksahli Pusterad selalu menjadi ujung tombak dalam memberikan saran dan masukan di segala bidang kepada pimpinan serta pematangan kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan oleh Pangdam.

Kapoksahli Pusterad memiliki kedudukan yang sangat strategis. Oleh karenanya harus terus mengikuti perkembangan lingkungan strategis yang terjadi agar senantiasa dapat menyajikan informasi dan saran yang aktual kepada Pangdam dalam melaksanakan tugas-tugas pokoknya.

Berbagai jabatan yang pernah didudiki PATI TNI AD peraih Adhi Makayasa B Tahun 1991 setelah dilantik menjadi PAMA TNI AD dengan pangkat Letnan Dua (Letda) oleh Presiden diantaranya,

Dantontank Yonkav-8 Divif 2 Kostrad, Pasiops Yonkav-8 Divif 2 Kostrad, Dankitank Yonkav-8 Divif 2 Kostrad, Gumil Gol. VI Deptikstaf Pusdikkav, Dandenkav-2/BC Dam VI/Tanjungpura, Pabandyajianbangdik Seskoad, Dirbinmat Sabang Puspenerbad, Komandan Detasemen Markas Kodam Jaya, Dandim-0503/Jakarta Barat Kodam Jaya, Padya-2/Dalugri Spaban V/Dalada Slogad, Aslog Kasdam IX/Udayana, Pamen Denmamabesad, Danrem 061/Surya Kencana (2016), Wadan Puspenerbad (2016-2020), dan Kapok Sahli Pusterad (2020-Sekarang). (L4Y).