Dua Pati TNI AU Mantan Danlanud Supadio Menyandang Pangkat Mersekal Madya TNI

Jumat, 26 Oktobe 2021

Pontianak , BorneOneTV.com- Dua orang PATI TNI AU yang juga mantan Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Supadio saat ini percayakan oleh Panglima TNI Menyandang Pangkat Marsekal Madya (Marsdya) TNI atau Bintang Tiga.

Danlanud Supadio Tahun 2010—2011 Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E. yang saat ini memegang Tongkat Komando Gabungan Wilayah Pertahanan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II yang merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI.

Pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Makogabwilhan II di Desa Amborawang, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Dengan wilayah Darat, meliputi : Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur

Laut, meliputi : Perairan di sekitar Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan ALKI-2 serta ALKI-3a beserta perairan sekitarnya.

Udara, meliputi : Wilayah di atas Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan ALKI-2 serta ALKI-3a beserta perairan sekitarnya.

“Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E, Kelahiran 3 September 1964 adalah seorang perwira tinggi Lulusan AAU Tahun 1988 yang sejak 26 Mei 2020 menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Lalu Mantan Danlanud Supadio Tahun 2015-2016 merupakan Danlanud Supadio Pertama yang menjadi Komandan saat perubahan Pangkalan  dari Tipe B menjadi Tipe A dan dipimpin oleh Perwira Tinggi (Pati) TNI AU Bintang Satu (Marsekal Pertama).

Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tatang Herlyansyah juga menjadi orang pertama yang menjabat sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Udara (Kodiklatau) dengan Pangkat Bintang 3 (Marsdya) TNI.

Sebelum perubahan, Jabatan Komandan Kodiklatau di Jabat oleh Pati TNI AU Bintang Dua (Marsekal Muda/Marsda) TNI.

Peresmian Validasi Organisasi ini  berdasarkan peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 53 tahun 2020 tentang perubahan organisasi dan tugas Kodiklatau dari Pati Bintang Dua ke Pati Bintang Tiga. (L4Y).