Akses jalan negara banjir, mobil Ambulan bawa jenazah di larang lewat jalan PNPM Desa Simba Raya

Sintang, Borneonetv.com, Akses menuju daerah ketungau saat ini lumpuh total akibat kedalaman air mencapai 3 meter, terutama di daerah desa simba raya yang mana ada beberapa titik lokasi banjir.

Ada satu jalan alternatif yakni jalan PNPM penghubung antar dusun di Desa Simba Raya yang masih bisa di lewati oleh roda dua dan empat. Namun oleh masyarakat setempat roda empat ke atas di larang lewat jalan tersebut termasuk mobil ambulan yang membawa jenazah.

Menurut sopir Ambulan mereka di tahan oleh warga setempat dari jam 10 malam sampai jam 02.00 wib baru di ijinkan lewat sementara mobil ambulan tersebut membawa jenazah, sungguh miris pak sementara jalan tersebut di bangun oleh dana pemerintah masak kita bawa jenazah saja tidak di ijinkan lewat ujar sopir tersebut pada malam sabtu 23/10/2021.

Kades Simba Raya bapak Sugianto saat di konfermasi awak media via wa membenarkan bahwa mobil ambulan tidak di ijinkan lewat jalan PNPM tersebut, sebab tahun ini sudah tiga kali banjir, masyarakat selalu swadaya memperbaiki jalan yang rusak tersebut, kalau keluh kesah kami selama ini tidak di dengar pemerintah, datangkan saja president untuk melihat kondisi jalan PNPM kami ini, sebab sekarang sudah menjadi jalan umum untuk 4 kecamatan di musim banjir ini pungkas Sugianto.

Sementara untuk roda dua saat ini di kenakan tarif sebesar Rp.10.000/unit sekali melintas, jika ingin melewati jalan PNPM tersebut, hal tersebut sangat memberatkan para penguna jalan, sementara untuk bangun jalan tersebut uang negara masak kami lewat harus bayar ngak benarlah ini,, bisa dikatakan pungli ini pak ujar dedi warga dari ketungau yang melintas jalan PNMP tersebut.

Julian Sahri salah satu Dewan dari dapil 2 Sintang yang mewakili daerah binjai angkat bicara terkait jalan PNPM yang di kenakan tarif bila melewati di musim banjir ini, ” di harapkan kepada pemerintah untuk segera membangun jalan yang banjir, serta cepat anggarkan dana untuk jalan PNPM tersebut ” dan saya himbau untuk warga desa simba raya kalau soal ambulan bawa jenazah atau orang sakit agar di prioritas lewat pungkas Julian ( tim )