Gubernur Terima Kunjungan Kepala OJK Kalbar

Selasa, 26 Oktober 2021

Pontianak, BorneOneTV.Com-Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum., menerima kunjungan dari Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalbar (OJK Kalbar) Maulana Yasin, didampingi Direktur Umum Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M., di Ruang Kerja Gubernur Kantor Gubernur Kalbar, Jl. Ahmad Yani Pontianak, Selasa, (26/10).

Kepala OJK Kalbar dalam kunjungan ini membahas tentang beberapa Program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

Kalbar dan Pontianak salah satunya yaitu satu rekening, satu pelajar (KEJAR) yang merupakan salah satu bentuk aksi pelajar Indonesia menabung.

“Ada program KEJAR (satu rekening, satu pelajar) yang didampingi dengan SIMPEL (simpanan pelajar) untuk kepada sekolah-sekolah,” ungkap Maulana Yasin saat diwawancara.

Kepala OJK juga menyebutkan program Kredit/Pembiayaan  Melawan Rentenir (KPMR) yang merupakan produk dari Bank Pengelolaan Daerah Kalimantan Barat dengan nama KUM (Kredit Usaha Mikro) Peduli.

“Jadi KUM Peduli ini merupakan produk dari Bank Kalbar dengan suku bunga rendah, ini bisa melawan rentenir yang memberikan suku bunga yang cukup tinggi dan dapat menyiksa masyarakat yang memiliki usaha kecil,” jelas Kepala OJK Kalbar.

Selain program KEJAR dan KPMR, ada program Business Matching yang diprediksi untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di Kota Pontianak.

“Ini nanti mempertemukan antara para pelaku UMKM dengan industri jasa keuangan. UMKM yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya nanti kita akan sandingkan dengan industri-industri jasa keuangan yang ada,” ujarnya.

Diakhir wawancara, Kepala OJK Kalbar juga membahas tentang pengukuhan 4 (empat) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) wilayah Kalbar yang belum dikukuhkan.

“Pengukuhan tersebut akan dikukuhkan langsung oleh Gubernur Kalbar yang direncanakan besok pagi secara hybrid pada tanggal 27 Oktober 2021. Kabupaten yang akan dikukuhkan yaitu Sanggau, Bengkayang, Kapuas Hulu dan Sekadau,” tutup Maulana Yasin. (L4Y).