Buka Latihan Pratugas, Pangdam XII/Tpr Ingatkan Prajurit Tidak Lupa Berdo’a

Rabu, 27 Oktober 2021

Singkawang, BorneOneTV.Com-Dalam rangka mendukung kelancaran penugasan. Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P, M.M., membuka pembekalan personel Apter (Aparat Teritorial) BKO gelombang III ke Wilayah Kodam XVII/Cen dan Kodam XVIII/Ksr yang berlangsung di Rindam XII/Tpr, Singkawang, Rabu, (27/10).

Latihan pratugas dilaksanakan selama 21 hari terhitung mulai tanggal 27 Oktober sampai dengan 16 Nopember 2021, untuk meningkatkan kembali naluri tempur dan kemampuan dalam melaksanakan kegiatan Teritorial di wilayah penugasan yang memiliki kerawanan keamanan cukup tinggi.

Dalam sambutannya, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P, M.M., mengatakan, dilaksanakannya latihan Pratugas untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan personel pengganti Satuan BKO Kodim Persiapan di wilayah Kodam XVII/Cen dan Kodam XVIII/Ksr sesuai dengan perkembangan daerah saat ini.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XII/Tpr memberikan penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan. Pertama, penyelenggara harus fokus pada tujuan dan sasaran latihan serta selalu mengutamakan prinsip Zero Accident pada saat pelaksanaan latihan. Kedua, tugas yang dilaksanakan dalam penebalan sebagai Apter bukanlah operasi tempur, akan tetapi penyelenggara harus dapat memberikan pemahaman dan kemampuan pelaku dalam penerapan materi tempur.

Ketiga, kembangkan materi yang diberikan agar dapat dengan mudah diaplikasikan di lapangan, serta selalu tekankan tindakan taktis dan buddy system dalam setiap kegiatan. Keempat, bekali dengan materi studi kasus untuk didiskusikan berkaitan dengan kelalaian prajurit yang sering terjadi di daerah penugasan yang dapat merugikan prajurit, agar kejadian serupa tidak terjadi bagi prajurit Kodam XII/Tpr.

Selanjutnya Pangdam mengingatkan kepada personel yang akan melaksanakan penugasan, selama di medan tugas nantinya untuk tidak lupa berdoa. Karena akan sia-sia latihan berat dan siaga selama penugasan jika tidak diiringi do’a. Berangkat 115 orang dan kembali 115 orang, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saat pergantian nanti, lakukan serahterima yang betul. Tanyakan kepada yang lama mereka pasti tau,” pesan Pangdam.

Pangdam juga menekankan kepada seluruh personel selama latihan untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap mempedomani prosedur protokol kesehatan Covid-19 selama melaksanakan latihan. (L4Y).