Danlantamal XII Dampingi Tim Audit Itjenal Tinjau Pembangunan Pelabuhan Internasional 

Senin, 01 November 2021

Mempawah, BorneOneTV.com-Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Marinir) Andi Rukman, beserta rombongan Tim Audit Itjenal Tahun 2021, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Bumi Khatulistiwa, untuk melihat secara langsung wilayah perairan yang ada di wilayah perbatasan yaitu di Kec. Paloh Kabupaten Sambas, saat melintas di area pembangunan pelabuhan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, berkesempatan untuk melihat sejauh mana progres pembangunan pelabuhan tersebut. Senin (01/11/2021).

Tim Audit Kinerja Itjenal yang mengunjungi Proyek Pembangunan Terminal Pelabuhan Kijing antara lain Laksma TNI Syahbudi, S.E., M.A.P. (Dalnis), Kolonel Laut (S) DR. Heri Setiyo Nugroho (Katim), Letkol Laut (S) Sapto Raharjo (Sektim), serta pejabat Lantamal XII antara lain,Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Asrena Danlantamal XII Kolonel Laut (S) Agung Widodo, M.Tr.Hanla, Dantim Intel Letkol Laut (P) Suryadi Permana, S.E., M.Tr.Opsla., Kadisfaslan Lantamal XII Letkol Laut (S) Sri Agustiono B., S.T., Paban Komsos dan Bakti TNI Spotmar Lantamal XII, Letkol Mar Ismail Rambe., Danyonmarhanlan XII Mayor Mar Anton Koerniawan., M.Tr. Opsla.

Kedatangan Tim Audit Itjenal dan rombongan disambut oleh Manager Trestile Proyek Pelabuhan Kijing PT. WIKA Syamsud dan Staf PT. WIKA kemudian memberikan presentasi, tahapan pembanguan serta sejauh mana perkembangan pembangunan Terminal Pelabuhan Kijing tersebut, melalui pemutaran video, dan selanjutnya peninjau ke dermaga Pelabuhan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pelabuhan Terminal Kijing di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu proyek strategis nasional, yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan pembangunan pelabuhan dilakukan bertahap, darat dan laut, dimana sekarang sudah diakhir tahap I, sementara tahap II ditargetkan selesai tahun 2024.

Pelabuhan Terminal Kijing dibangun di atas lahan seluas hampir 200 hektare di Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Pelabuhan ini dibangun dalam beberapa zona, yaitu zona kontainer yang ditargetkan memiliki kapasitas 1,95 juta TEUs/tahun, zona curah cair 12,18 juta TEUs/tahun, zona curah kering 15 juta TEUs/tahun, dan zona multipurpose 1 juta TEUs/tahun. Pelabuhan Kijing ditargetkan mulai beroperasi secara parsial pada tahun 2021 dan beroperasi penuh pada tahun 2024.

“Semoga pembangunan Terminal Pelabuhan Kijing Tahap I ini segera tuntas, dan dapat segera beroperasi sehingga dapat meningkat laju pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat, Khususnya Kab. Mempawah”, Demikian harapan yang diungkapkan Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman. (L4Y).