Polri Beri Dukungan Psikososial Bagi Anak yang Terdampak Covid-19 

Selasa, 2 November 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Kepolisian Republik Indonesia memberikan dukungan psikososial bagi seluruh anak-anak yang terdampak Covid-19, Kalbar, Selasa,( 2/ 11/ 2021).

Kegiatan dukungan ini diadakan serentak di seluruh Indonesia termasuk provinsi Kalimantan Barat.

Polda Kalimantan Barat menggelar kegiatan dukungan psikososial bagi anak-anak yang terdampak Covid-19 pada 2 november 2021 di rumah radank kota baru Pontianak.

Kegiatan ini diikuti oleh 89 orang anak mulai dari balita hingga usia Sekolah Menengah Atas yang didampingi Psikolog/ konselor dan petugas sosial.

Dalam sambutanya, kapolda kalbar, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, berharap agar kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja tetapi akan menjadi agenda yang berkelanjutan.

Ditempat yang sama, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang juga hadir dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Polri untuk memberikan dukungan psikososial kepada anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, Saat ini terdapat sekitar 89 anak yang salah satu atau kedua orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19.

“Kita akan memberikan fasilitas-fasilitas kemudahan-kemudahan terutama akses kesehatan dan pendidikan, selanjutnya kita akan melihat kondisi sosial keluarganya kita minta dinas sosial, perlindungan anak dinas kesehatan bisa terlibat dalam pemenuhan kebutuhan anak, Ungkap Edi.

Hal serupa juga disampaikan oleh wakil bupati kubu raya, Sujiwo, yang mengatakan akan terus melakukan pendataan terhadap anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

Tentunya anak-anak ini perlu perhatian semua pihak, terutama dari orang tua yang masih hidup baik itu bapaknya atau ibunya, dan masa-masa pertumbuhan mereka perlu diperhatikan jangan sampai terganggu secara Psikologis.

Dengan adanya dukungan dari Polri dan semua pihak, diharapkan dapat menjadi trauma healing bagi anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19.

( Tim)