Dekranasda Kabupaten Sambas Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan

Kamis, 04 November 2021

Sambas, BorneOneTV.Com-Ketua Dekranasda Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani, memberikan arahan pada acara Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Sambas Periode  2021-2026 di Aula Kantor Bupati Sambas, Kamis (4/11/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H.,  Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, S.IP., M.H.Sc., para Kepala OPD Kabupaten Sambas, Ketua Dekranasda Kabupaten Sambas, Ny. Hj. Yunisa Satono, S.Pd, dan seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten Sambas yang dikukuhkan.

Ketua Dekranasda Kalbar Ny. Hj. Lismaryani memberikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten Sambas yang dilantik dan berharap semoga seluruh pengurus dapat mengemban misi yang ada, yaitu pembinaan kepada pengrajin, sehingga semakin maju dan berkembang, masyarakat semakin sejahtera.

“Dekranasda kab/kota merupakan bagian dari Dekranasda Kalimantan Barat dan juga bagian dari Dekranasda Pusat. Dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian besar merupakan kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” jelas Hj. Lismaryani Sutarmidji.

Hasil Musyawarah Nasional Dekranas Tahun 2020 menekankan bagaimana Dekranas dan Dekranasda harus mampu mendorong para pengrajin secara intensif untuk melakukan inovasi digital, terutama untuk promosi dan pemasaran. Oleh karena itu, Dekranasda harus mampu menjadi mitra strategis pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mencapai tujuan tersebut dan mendukung kemandirian ekonomi daerah dalam upaya meningkatkan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha di bidang kerajinan.

“Kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Sambas yang baru dilantik,saya minta segera susun rencana kerja 5 tahun dan bersama-sama Dekranasda Provinsi memantapkan data pengrajin dan produk kerajinan, termasuk motif dan jenis kerajinannya. Kemudian, segera mengidentifikasi dan menetapkan kerajinan-kerajinan unggulan, sehingga program dan kegiatan yang direncanakan dapat dilaksanakan dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai,” pesan  Hj. Lismaryani Sutarmidji.

Dekranasda kab/kota diminta untuk fokus menyiapkan generasi pengrajin, meningkatkan kualitas pengrajin dan produk kerajinan, memfasilitasi promosi, memperkuat database dan Hak Kekayaan Intelektual. Ketua Dekranasda Kalbar  yakin harapan ini akan tercapai dengan adanya sinergi antara Dekranas, Dekranasda Provinsi, Dekranasda Kab/Kota, stakeholder terkait, para pengrajin, dan dukungan Bupati/Walikota beserta jajaran. (Tim).