Pj Sekda Kalbar : MADN Diharapkan Dapat Bermitra Dengan Pemerintah

Sabtu, 06 November 2021

Jakarta, BorneOneTV.com-Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Samuel, S.E., M.Si. menghadiri Pengukuhan Pengurus Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Masa Bhakti 2021-2026 dengan tema “Pemantapan Peran dan Fungsi MADN dalam Percepatan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia yang Hebat” di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta Barat, Sabtu, (6/11).

MADN terbentuk atas kebersamaan tokoh Dayak pada tahun 2006 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Pengukuhan ini merupakan lanjutan dari rangkaian hasil Musyawarah Nasional ke-5 Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) untuk menetapkan kepengurusan secara lengkap, anggaran dasar, dan anggaran rumah tangga yang berlaku.

Pelantikan Pengurus MADN Masa Bhakti 2021-2026 sebagai bentuk pengesahan secara adat dan yuridis formal keberadaan kepengurusan lengkap MADN, bentuk pernyataan keberadaan pengurus MADN kepada masyarakat Indonesia, wahana saling mengenal diantara pengurus MADN dari seluruh Indonesia, serta dapat memberikan manfaat dan kekuatan kepada seluruh pengurus dalam menjalani tugas yang telah diamanahkan, sehingga bersama-sama membangun Suku Dayak yang memiliki hampir 400 sub suku di Indonesia yang memiliki dan memelihara adat istiadat, budaya, kearifan lokal sejak zaman para leluhur, dan mayoritas berada di Pulau Kalimantan.

Hal ini terbukti dengan adanya lembaga adat, kepala adat, damang, temenggung, domo, yang memelihara dan membangun kerukunan keamanan di masing-masing tempat.

Presiden MADN, Dr. Drs. Marthin Billa, M.M., menyampaikan pengukuhan ini dilaksanakan secara hibrid.

“Tidak semua pengurus bisa hadir secara fisik karena situasi Covid-19 masih terjadi di seluruh tanah air. Untuk itu, yang hadir secara fisik hanya koordinator dan pengurus inti,” ungkap Drs. Marthin Billa, M.M.

Kepengurusan MADN yang resmi di Indonesia berada di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan DKI Jakarta.

Sementara kepengurusan Dewan Adat Dayak (DAD) di provinsi lain belum dibentuk secara resmi.

Sementara, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Samuel, S.E., M.Si mengucapkan selamat kepada Pengurus MADN masa bhakti 2021-2026 yang baru saja dikukuhkan.

“Saya ucapkan selamat atas Pengukuhan Pengurus MADN Masa Bhakti 2021-2026. Semoga dibawah kepemimpinan Marthin Billa, beserta pengurus, dapat bertanggung jawab atas amanah yang diberikan, serta dapat memajukan kiprah dan kesejahteraan masyarakat Dayak,” ucap Samuel, S.E., M.Si.

Dengan adanya organisasi MADN masyarakat Dayak bisa semakin terangkat harkat dan martabatnya.

“Saya berharap, MADN dapat bermitra dengan pemerintah untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Dayak secara keseluruhan,” harap Pj Sekda Prov Kalbar.

Pengukuhan Pengurus Majelis Adat Dayak Nasional Masa Bhakti 2021-2026 ini dihadiri secara langsung dan virtual, Perwakilan Gubernur Regional Kalimantan, Ketua Umum DAD Seluruh Provinsi, tokoh masyarakat, lembaga adat, Kepala Adat Besar, Temenggung, Ketua Adat dan Seluruh Ormas Tingkat Nasional. Kemudian, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, turut hadir dalam kegiatan tersebut. (L4Y).