Pangkogabwilhan I Sambangi Skadron Udara di Lanud Supadio  

Selasa, 09 November 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.Com-Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla menyambangi Skadron Udara (Skadud) dibawah jajaran Wing 7 Lanud Supadio, Minggu, (07/112021).

Skadron Udara tersebut diantaranya Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 51 Wing 7 Lanud Supadio. Selain itu, Pangkogabwilhan I juga mengunjungi Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 Paskhas.

Kedatangan Pangkogabwilhan I beserta rombongan di Skadron Udara 1 disambut Komandan Skadud 1 Letkol Pnb M. Amry Taufanny, S.E dan di Skadron Udara 51 disambut Komandan Skadud 51 Letkol Pnb Kamto Adi Saputra serta tiba di Denhanud disambut Dandenhanud 473 Paskhas Letkol Pas M. Sulendro.  Turut mendampingi Pangkogabwilhan I, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, Kasdam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M, Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman dan pejabat utama TNI di wilayah Kalbar.

Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak menjelaskan bahwa Lanud Supadio memiliki dua skadron satuan pelaksana, dalam hal ini Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 51 yang bertugas melaksanakan kegiatan operasi pengamanan ALKI dan pengamanan perbatasan baik darat maupun laut serta diperkuat dengan keberadaan Batalyon 465 Paskhas dan Denhanud 473 Paskhas.

Sedangkan Pangkogabwilhan I menjelaskan tujuan kunjungan kerja di Kalbar adalah untuk mengunjungi satuan-satuan TNI di Pontianak, Kalbar.  Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan pengawasan dan evaluasi operasional satuan-satuan TNI yang ada di Kalbar baik dari matra darat, laut dan udara.

“Sehari sebelumnya kita berkunjung di perbatasan di Entikong yaitu perbatasan darat antara RI dan Malaysia.  Dan sebelumnya saat perjalanan menuju Pontianak dengan menggunakan pesawat CN-295 kita melaksanakan pengamatan dan pengamanan ALKI I dan kita berkomunikasi dengan satu KRI yang sedang melaksanakan pengamanan di ALKI I,” jelas Pangkogabwilhan I dihadapan awak media di ruang VIP Lanud Supadio, Minggu, (07/11/2021).

Dalam kunjungan ini, lanjut Pangkogabwilhan I, juga melaksanakan bakti sosial dan melaksanakan serbuan vaksin.  Kegiatan serbuan vaksin ini dilakukan satuan-satuan TNI dan bekerjasama dengan Polri dan Pemerintah Daerah. Hal ini penting untuk meningkatkan kekebalan Immunitas dan herd immunity bagi masyarakat pada masa pandemi ini.

Pada kesempatan ini, Pangkogabwilhan I mengatakan kita juga meninjau Lantamal XII Pontianak untuk menerima paparan dari satuan tugas laut yang melaksanakan pengamanan perbatasan wilayah laut antara Indonesia dengan Malaysia dan sekitarnya.

“Dan barusan kita meninjau unsur-unsur dari Lanud Supadio dimana disini terdapat Skadron Udara 1 dengan pesawat tempur Hawk, ada juga Skadron Udara 51 dengan alutsistanya Pesawat Terbang Tanpa Awak dan diperkuat dengan Denhanud 473 Paskhas.  Semua kita kunjungi untuk belanja masalah, sehingga kita mengetahui permasalahan dalam mengawaki organisasi satuan-satuan TNI yang ada di Kalbar dan apa yang dilakukan oleh satuan-satuan TNI di Kalbar ini sudah cukup baik,” pungkas Pangkogabwilhan I. (L4Y).