Danlantamal XII Pimpin Upacara Tabur Bunga Dalam Rangka Hari Pahlawan KE 76 Prov. Kalimantan Barat

Rabu, 10 November 2021

Pontianak, BorneOneTV.com- Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, bertempat di dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal XII, Jl. Komyos Sudarso No 1 Jeruju Kota Pontianak Kalimantan Barat, Pimpin Upacara Tabur Bunga dalam rangka peringatan hari Pahlawan ke 76, Rabu, (10/11).

Adapun tema hari pahlawan tahun 2021 yaitu “PahlawanKu InspirasiKu.” Tujuan dilaksanakan Upacara Tabur Bunga ini adalah untuk mengenang dan menghormati jasa jasa para Pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara, dengan di tandai dengan mengheningkan cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), secara serentak.

Adapun pejabat yang hadiri dalam Upacara Tabur Bunga ini antara lain Pejabat Utama Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal XII, Kadis dan Kasatker jajaran Lantamal XII, Ketua Korcab XII DJA I beserta pengurus, Perwakilan Pamen Kodam XII Tanjungpura, Pamen Lanud Supadio, dan Pamen Polda Kalbar.

Selain itu juga hadir Kabid Linjamsos Dinas Sosial Prov. Kalbar, Kasi Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Prov. Kalbar., Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinas Sosial Prov. Kalbar., Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Dinas Sosial Prov. Kalbar., Kasi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Prov. Kalbar., Kasi Pemberdayaan FM Perkotaan Dinas Sosial Prov. Kalbar., Kasi Pemberdayaan FM Perkotaan Daerah Pesisir, Pulau Pulau Kecil, Terluar dan Perbatasan Antar Negara Dinas Sosial Prov. Kalbar, serta Kasubbag Umum dan Aparatur Dinas Sosial Prov. Kalbar, dan Ketua Korcab XII DJA I serta Purnawirawan TNI AL dan Pramuka Saka Bahari.

Dalam pelaksanaan Upacara Tabur Bunga, Komandan Lantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, melakukan Pelarungan Karangan Bunga di Alur Pelayaran Sungai Kapuas, dimana Komandan Lantamal XII serta perwakilan Tamu dan Undangan On Board di geladak Kal Lemukutan dan berlayar dari Dermaga Satrol Lantamal XII menuju alur sungai di sekitar pelabuhan kota Pontianak dan kemudian kembali ke Dermaga Satrol, yang diikuti oleh seluruh pejabat utama dalam undangan pelaksanaan tabur bunga.

Bersamaan dengan pelaksanan Upacara Tabur Bunga di alur sungai Kapuas yang dipimpin Komandan Lantamal XII, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, juga dilaksanakan Upacara memperingati Hari Pahlawan ke 76 di Halaman Kantor Gubernur Prov. Kalimantan Barat, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak dipimpin Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., dan dihadiri Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro, S.A.P., M.Si (Han), serta Ziarah Nasioanl di TMP Dharma Patrya Jaya Kubu Raya, yang dihadiri Kadispotmar dan Danpomal Lantamal XII.

Dalam kesempatan tersebut Gubenur Prov. Kalbar menyampaikan bahwa peringatan hari pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa. Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19.

# Jadilah Pahlawan Masa Kini, Yang Memiliki Kepedulian terhadap Sesama.

# Pengabdian, Perjuangan dan Pengorbanan Para Pahlawan Hanya Untuk Bangsa dan Negara.

#Kstaria Jala Khatulistiwa, Jalesveva Jayamahe. (L4Y).