Tetap jaga kesehatan para pengungsi, Idi Sintang bersama Polsek Sepauk gelar bansos

Jumat, 12 November 2021

Sintang, BorneOneTV.com- Banjir berkepanjangan di wilayah Kecamatan Sepauk mengundang empati beragam pihak, sehingga tak sedikit yang tergerak untuk membantu warga yang sedang tertimpa bencana.

Bekerjasama dengan Polsek Sepauk dan Puskesmas Sepauk, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sintang dibawah pimpinan dr. Harina Salim, M.Sc, Sp.PK menggelar Bhakti Sosial di 4 desa di kecamatan Sepauk yang terdampak banjir yaitu desa Tanjung Ria, desa Nanga Sepauk, desa Temiang Kapuas dan desa Sukau Bersatu. Kamis, (11/11/2021).

Bhakti Sosial yang diselenggarakan ini berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga.

Warga mengaku, selama banjir banyak yang kesehatannya menurun, dan warga sangat terbantu dan berterimakasih atas baksos yang diselenggarakan oleh IDI ini.

Selain melayani masyarakat di lokasi yang dijadikan tempat pelaksanaan baksos, Tim kesehatan dari IDI Sintang ini juga secara aktif mengunjungi rumah warga, khususnya yang terisolasi banjir dan tidak dapat keluar rumah maupun di lokasi pengungsian.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan selama baksos berlangsung, salah satu masalah kesehatan yang paling banyak diderita warga adalah penyakit kulit, ISPA dan diare, yang lebih diakibatkan karena lingkungan yang kurang sehat.

“Kami dari IDI Sintang dan Puskesmas Sepauk merasa peduli terhadap kesehatan warga yang terdampak banjir, khususnya di wilayah Kecamatan Sepauk dengan menyelenggarakan Bhakti Sosial Kesehatan gratis kepada masyarakat, seperti yang sedang kau laksanakan saat ini” ungkap dr Harina di lokasi pengobatan.

Di tempat yang sama, Kapolsek Sepauk Ipda Heru Woldy, S.H yang mendampingi tim menuturkan, masyarakat pada saat ini sudah sangat terbebani dengan sulitnya hidup di tengah banjir, dan ditambah lagi dengan ancaman penyakit yang diakibatkan banjir.

“Atas nama masyarakat Kecamatan Sepauk, kami mengucapkan terimakasih kepada tim kesehatan dari IDI Sintang dan Puskesmas Sepauk yang menyelenggarakan baksos ini sehingga masyarakat dapat terbantu dan teringankan bebannya” ucap Ipda Woldy.

( tim )