Gubernur Kalbar Apresiasi Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Prov Kalbar

Senin, 15 November 2021

Pontianak, BorneOneTV.com– Apresiasi tersebut diberikan Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., kepada pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 dengan 2 program. Masing-masing pemenang kategori juara 1 lomba desa dan kelurahan mendapat hadiah sebesar Rp. 200 juta per program.

“Saya izinkan pemenang juara 1 lomba desa dan kelurahan untuk membuat 2 program dan setiap program mendapatkan Rp 200 juta. Programnya ditentukan oleh desa dan kelurahan tersebut. Saya ucapkan selamat kepada Kepala Desa dan Lurah pemenang lomba,” kata Gubernur Kalbar di Hotel Aston Pontianak, Senin, (15/11/2021).

Selain itu, Gubernur Kalbar juga akan mengadakan program pelestarian hutan dengan memberikan apresiasi kepada desa yang memiliki jumlah pohon paling banyak dengan diameter terbesar.

“Saya juga sudah meminta kepada Dinas LHK Prov Kalbar atau Dinas PMD Prov Kalbar untuk membuat program penilaian desa yang memiliki pohon terbanyak yang diameternya paling besar. Desa yang paling banyak memiliki pohon berdiameter besar akan kami apresiasi dan dijadikan desa percontohan. Berdasarkan data yang ada di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalbar, indeks lingkungan di seluruh hingga tahun 2031 desa sudah diketahui, jadi sampaikan kondisinya secara riil,” jelas H. Sutarmidji.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar, Ir. Yuslinda, M.M., menyampaikan rangkaian kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 telah dilaksanakan sejak bulan April-Juni Tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan diketuai oleh Sekda Prov Kalbar dengan dibantu PD terkait sebagai Anggota Tim Penilai yang terdiri dari unsur pendidikan dan kebudayaan, pemerintahan, kesehatan, Kominfo, Penanggulangan Bencana, Bappeda, TPP-PKK dan Akademisi (Universitas Tanjungpura).

Penekanan Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2021 menitikberatkan pada keterkaitan antara profil desa dan kelurahan dengan dokumen perencanaan dan penganggaran desa dan kelurahan, memperhatikan inovasi dalam pencegahan dan penanggulangan bencana non alam (Covid-19), serta pengembangan e-government dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

Kegiatan lomba diikuti 8 desa dan 1 kelurahan, yaitu Desa Pemangkat Kota, Kec. Pemangkat, Kab. Sambas, Desa Parit Baru,Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Desa Perigi, Kec. Jelai Hulu, Kab. Ketapang, Desa Semitau Hulu, Kec. Semitau, Kab. Kapuas Hulu, Desa Alur Bandung, Kec. Teluk batang, Kab. Kayong Utara, Desa Kuala Secapah, Kec. Mempawah Hilir, Kab. Mempawah, Desa Mobui, Kec. Kembayan, Kab. Sanggau, Desa Setawar, Kec. Sekadau Hulu, Kab. Sekadau, dan Kelurahan Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak, Prof. Dr. H. Garuda Wiko S.H., M.Si., Bupati/Walikota atau yang mewakili, Kepala Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Kalbar, Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar, Ny. Hj. Lismaryani, serta perwakilan camat serta kepala desa dan lurah pemenang Lomba.

Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2021 adalah:

Juara 1 Kategori Desa : Desa Semitau Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu.

Juara 2 Kategori Desa : Desa Pemangkat Kota, Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas.

Juara 3 Kategori Desa : Desa Perigi Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang.

Juara 1 Tingkat Kelurahan : Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.(irf)