Penguatan Pangan dan Ekonomi disaat Pandemi Covid-19, Pemkab Sambas lakukan Temu Teknis Penyuluh Pertanian

Rabu, 17 November 2021

Sambas, BorneOneTV.com– Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan, Serta Pemulihan Ekonomi disaat Pandemi Covid-19, Bupati Kabupaten Sambas, H. Satono, Beserta Wakil Bupati Sambas Membuka Acara Temu Teknis Penyuluh Pertanian, Sambas, Kalbar, Rabu, (17/ 11/ 2021). di Aula Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS) Sambas.

Temu Teknis Penyuluh Pertanian bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Tenaga Penyuluh pertanian dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi serta memahami arah Pembangunan Pertanian sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD), Kabupaten Sambas 2021- 2026.

Dihadiri Kadis Pertanian Dan ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, H. Yayan Kurniawan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Sejumlah OPD, Poktan, Gapoktan, Penyuluh Swasta, Swadaya, penyuluh PNS, serta dilakukan

Penyerahan Piagam Petani Berprestasi, Gapoktan berprestasi, BPP berprestasi dan Penyuluh PNS Teladan Tahun 2021 Oleh Bupati Kabupaten Sambas, Wakil Bupati, Serta Dinas Pertanian.

Bupati Kabupaten Sambas, H. Satono, Menyampaikan, Untuk memaksimalkan hasil produksi Pertanian, insan-insan pertanian diberikan pendampingan, kepada para petani Sambas agar kedepannya menjadi sektor primadona.

“Tinggal bagaimana Bupati dan Wakil Bupati dan insan-insan pertanian berikan pendampingan kepada para petani untuk memaksimalkan hasil produksi, tentu menjadi kendala hari ini adalah sektor hilir, saya berkomitmen dengan wakil bupati sambas untuk bagaimana di tahun-tahun kedepan untuk sektor pertanian akan menjadi primadona dari sektor-sektor lainnya.

Karena kenceng Priuk orang sambas sangat ditentukan oleh sektor Pertanian, dan mudah-mudahan sektor pertanian ini akan menggeliat di hari-hari kedepan. Tetap semangat insyallah sambas bersama petani akan maju dan berkemajuan.” Jelas Satono.

Kepala Dinas pertanian Dan Ketahanan Pangan kabupaten sambas, H.Yayan Kurniawan, mengungkapka, Dalam pertemuan kali ini sanggat strategis karna pelaksanannya setelah dilantiknya Bupati dan Wakil bupati sambas, dengan visi dan misi berkemajuan dimana visi dan misi itu tertuang dalam RPJMD kabupaten Sambas.

“Didalam RPJMD itu sudah jelas ada indikator-indikator kinerja utama yang harus di capai oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Sambas di sektor pertanian, yang mana pertemuan teknis ini tentu akan membicarakan masalah-masalah penting yang harus dilaksanakan dalam rangka untuk mendukung pencapaian visi dan misi Pak Bupati dan wakil bupati sambas kedepan,”Jelas nya.

Sebagai mana tertuang RPJMD kabupaten Sambas pada tahun 2021-2026, jadi dalam pertemuan ini H.Yayan menyebutkan ada dua hal yang akan dilakukan terhadap sektor pertanian

“yang pertama kita melakukan evaluasi terhadap kinerja sektor pertanian di tahun sebelumnya , kedua kita akan membicarakan menggenai program dan kegiatan yang harus dan akan kita laksanakan untuk tahun 2022 sampai dengan tahun 2026, sesuai dengan masa priode Bupati dan wakil bupati sambas, yang mana visi dan misinya menjadikan pertanian kabupaten Sambas lebih berkemajuan disegala Sektor. ungkapnya.

(Dedi Anggara).