Gubernur Serahkan Benih Padi Inbrida Kepada 7  Daerah Terdampak Banjir

Kamis, 18 November 2021

Pontianak, BorneOneTV.Com-Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum., menyerahkan bantuan secara simbolis benih padi inbrida (VUB) kepada 7 daerah yang terdampak banjir yaitu Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang dan Kubu Raya.

Penyerahan simbolis tersebut turut dihadiri Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar Dr. Rustam Massinai, S.T.P., M.Sc., dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar Ir. Florentinus Anum, M.Si., serta Kepala Dinas Pertanian dari Kab/Kota.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum mengatakan untuk menjaga stabilitas pangan yang ada di Kalbar adalah dengan memperbaiki benih atau varietas benih padi yang unggulan.

“Benih ini bisa diatas 7 ton padi sebetulnya, jika rata-rata terkumpul 5 ton padi maka itu juga sudah melebihi. Jadi Kalbar ini sangat bisa untuk dapat berswasembada beras,” ucap Gubernur di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Jl. Ahmad Yani Pontianak, Kamis, (18/11/2021).

Gubernur menyebut benih tersebut akan lebih banyak dibagikan ke daerah yang terdampak banjir dan benih tersebut dikembangkan di daerahnya masing-masing.

“Setelah benih ini dikembangkan baru akan dibagikan ke para petani dan Alhamdulillah daerah penyangga pangan di Kalbar ini tidak terdampak banjir yang besar, maka pasokan pangan masih terjaga.

Gubernur meminta Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memperbaiki data yang tidak valid, sebab ketersediaan beras di pasar rakyat dinilai cukup banyak.

“Akibatnya beras bulog jika dibiarkan terlalu lama akan terjadi pembusukan dan tidak akan dapat dikonsumsi oleh masyarakat dan juga tidak dapat diserap oleh pasar, karena itu BPS perlu memperbaiki data,” tutup H. Sutarmidji.

(L4Y).