Pemprov Kalbar Terima Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021

Kamis, 18 November 2021

Jakarta, BorneOneTV.Com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat menerima Penganugerahan Produktivitas Paramakarya Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang secara langsung diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis, (18/11/2021).

Penganugerahan tersebut diterima langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Manto, M.Si, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Pitter Bonis, S.E., M.M., Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, M. Taufik, S.H., M.H.

Saat memberikan sambutan, Wakil Presiden RI menyampaikan Paramakarya adalah penghargaan tertinggi bagi dunia usaha dan dunia industri atas peningkatan produktivitas selama 3 tahun berturut-turut.

“Saya menyambut baik inisiatif Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam upaya mendorong produktivitas yang sistematis, terstruktur dan masif peningkatan produktivitas, gerakan nasional peningkatan produktivitas dan daya saing,”.

Dengan keberhasilan ini, Wapres RI meminta perusahaan untuk tetap produktif, bahkan meningkatkan produktivitas selama pandemi. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan perusahaan dalam mengelola waktu, memberdaya manusia, dan teknologi.

“Saya mengucapkan selamat kepada penerima Penghargaan Paramakarya Tahun 2021. Saya sangat mengharapkan perusahaan yang menerima penghargaan akan semakin berkembang, sekaligus menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk terus berkarya di tengah berbagai tantangan. Produktivitas perusahaan yang tinggi harus diarahkan untuk menghasilkan produk-produk yang memenuhi berbagai standar dan sertifikasi, sehingga mampu bersaing dan menembus pasar global,” harap K.H. Ma’ruf Amin.

Penganugerahan Paramakarya juga diharapkan dapat diberikan secara merata kepada perusahaan kecil dan menengah di seluruh provinsi di Indonesia.

“Hal ini membutuhkan peran aktif seluruh pimpinan daerah untuk mendorong para pelaku usaha di wilayahnya,” pinta Wapres RI.

Sementara itu, usai menerima Penganugerahan Paramakarya Tahun 2021, Wakil Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan penganugerahan yang diterima pada hari ini (Kamis, 18/11/2021) merupakan kategori produktivitas perusahaan yang mengalami peningkatan produksi selama 3 tahun terakhir dengan produk berupa alat kesehatan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

“Contoh, produk yang dihasilkan berupa masker, alat tes swab, alat pengukur tekanan darah, dan alat kesehatan lain yang berkaitan dengan Covid-19. Dan satu-satunya perusahaan yang memproduksi produk-produk tersebut di Kalimantan Barat, yaitu PT Insight Medica Fame,” ungkap H. Ria Norsan.

Secara khusus Wagub Kalbar mengucapkan terima kasih kepada PT Insight Medica Fame yang memproduksi beberapa produk kesehatan, yakni IMOQ COMFORT, IMOQ Surgical Mask, IMOQ stethoscope, dan Tensi.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan terima kasih kepada PT Insight Medica Fame (IMF) yang telah berupaya sedemikian rupa, sehingga mendapatkan penganugerahan untuk Kategori Usaha Menengah. Semoga PT Insight Medica Fame tetap berkembang dan lebih maju kedepannya,” harap orang nomor dua di Kalimantan Barat.

Wagub Kalbar juga memotivasi dan berharap perusahaan lain bisa berinovasi membantu masyarakat yang memerlukan dalam situasi pandemi Covid-19.

“Artinya, perusahaan mempunyai inovasi yang bagus dalam membaca peluang dari segi bisnis dan tidak hanya mementingkan bisnis, tetapi melihat sisi kemanusiaan dan mementingkan masyarakat juga,” harap H. Ria Norsan.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si., Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan para Gubernur penerima Penganugerahan Paramakarya, hadir dalam event penganugerahan tersebut.(L4Y).