Komsos Kreatif, Kodim 1207/Pontianak Melalui Seni Bela Diri Pencak Silat

Sabtu, 20 November 2021

Pontianak, BorneOneTV.Com-Guna menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional, Kasdim 1207/Pontianak Letkol Arm Moch. Rofiq, S.Pd., M.Si. membuka Kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif Kodim 1207/Pontianak dengan tema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif Dan Adaptif” bertempat di Makodim 1207/Pontianak Jln. I Gusti Sulung Lelanang Kel. Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Prov. Kalbar. Sabtu, (20/11).

Kasdim 1207/Pontianak Letkol Arm Moch. Rofiq, S.Pd., M.Si. yang membuka Pagelaran Seni Bela Diri Pencak Silat Tradisional Se-Kota Pontianak mengatakan, “Kegiatan ini dalam rangka mengikuti kegiatan Komsos Kreatif yang diaplikasikan pada materi olah raga tradisional Pencak Silat”

Lebih lanjut Kasdim mengucapkan, “Banyak terima kasih atas partisipasi dan kerjasamanya sehingga terselenggaranya kegiatan ini, tujuan diadakannya kegiatan ini agar dapat menjalin komsos kreatif yang sehat dan harmonis melalui pentas olahraga pencak silat untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan komponen masyarakt serta mencari bibit terbaik untuk ditampilkan pada event yang akan datang, hal ini secara mewujudkan jalinan kerjasama yang baik antara prajurit dengan olahragawan/olahragawati dalam hal ini seni bela diri pencak silat PSHT” ucap Letkol Arm Moch. Rofiq, S.Pd., M.Si.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kegiatan ini adalah program pembinaan teritorial TNI AD yang pada hakikatnya adalah kegiatan untuk menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini, sesuai dengan sistem pertahanan rakyat semesta.

“Komsos Kreatif ini merupakan bentuk komunikasi sosial yang mampu menciptakan pesan melalui pentas seni budaya, melalui olah raga yang disesuaikan dengan kearifan lokal daerah setempat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19” ujarnya.

Selain itu, sebagai upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui berbagai kegiatan diantaranya adalah dengan diselenggarakannya pagelaran pencak silat tradisional se-Kota Pontianak.

Lebih lanjutnya, “Adapun tujuannya sebagai upaya untuk melestarikan kesenian dan budaya tradisional bangsa yang dikemas dalam konsep kreatif sekaligus juga membudayakan olah raga beladiri di Kota Pontianak.

“Kami berharap dalam mengikuti pertandinngan agar memegang teguh sportifitas pertandingan, ikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh para juri dan wasit, selamat bertanding semoga berjalan aman dan lancar, terangnya Kasdim 1207/Ptk.

“Meskipun kegiatan ini kita laksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun demikian saat ini kita sedang menuju ke adaptasi kehidupan baru atau yang dulunya dikenal dengan New Normal. Kita tetap melaksanakan kegiatan namun dengan mengedepankan protokol kesehatan antara lain dengan menggunakan masker kemudian melaksanakan cuci tangan menjaga jarak dan lain-lain” ingatnya.

(L4Y).