Disdikbud Semarakan Pekan Budaya Nasional 

Suasana Semerak PKN di Keraton Surya Negara Sanggau

Sanggau,borneonetv- Dalam rangka menyemarakkan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN)Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau menggelar nonton bareng pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tahun 2021 oleh Presiden Joko Widodo, di Halaman Keraton Surya Negara Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat   19 November 2021 malam. Kegiatan dilaksanakan pada 19 November hingga 26 Nopember 2021

PKN 2021 ini juga diisi hiburan lagu-lagu daerah dan PKN tahun 2021 ini mengangkat tema Napas Jiwa, Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan. Selain itu juga dilaksanakan diskusi budaya bersama para pelaku budaya.

Dalam sambutannya, Kepala Disdikbud Kabupaten Sanggau, Sudarsono menyampaikan bahwa Pemkab Sanggau melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah banyak memfasilitasi kegiatan-kegiatan kebudayaan di Sanggau.

“Sehingga kita ketahui kita pernah mendapat predikat Kota Budaya dari Kemendikbud. Karena kita (Pemda) peduli dengan mengembangkan, memfasilitasi kegiatan-kegiatan seluruh etnis yang ada di Kabupaten Sanggau,”katanya.

Sudarsono juga mengucapkan terima kasih kepada Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman yang telah memberikan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Keraton ini untuk berdiskusi dalam kegiatan ini.Untuk itulah, Sudarsono meminta kepada para pengurus sanggar dan pelaku seni agar menyampaikan masukan, saran dan pendapat saat diskusi budaya.

Silahkan sampaikan saja apa-apa yang harus kita kerjakan.”Apa-apa kegiatan seni dan budaya di Sanggau yang harus kita kembangkan dan kita lestarikan. Dan mungkin masih ada seni dan budaya peninggalan leluhur yang belum diketahui, belum pernah terdokumentasikan, belum pernah dikembangkan untuk dilestarikan. Pada kesempatan ini disampaikan saja agar kita semua tahu. Ini penting untuk sama-sama kita diskusikan,”ujarnya.

Mudah-mudahan kedepan, pandemi Covid-19 segera mereda, Sehingga kegiatan-kegiatan kebudayaan bisa dilaksanakan seperti sebelum pandemi. Dalam kesempatan ini juga, Sudarsono berharap dukungan dan partisipasi seluruh pelaku seni dan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau terkait vaksinasi. “Mohon juga seluruh pelaku seni dan budaya sudah divaksin. Bagaimana kita menyelenggarakan kegiatan budaya kalau kita tidak divaksin,”jelasnya.

Sudarsono menambahkan, kegiatan PKN ini juga dilakukan disemua daerah. Pihaknya juga diminta oleh Kemendikbud untuk berpartisipasi melaksanakan Kegiatan-kegiatan pekan budaya daerah.

“Nanti setelah ini dari Dikbud akan melaksanakan aktifitas lain, Nanti akan ada tim akan memutar hasil diskusi kita dan mungkin ada beberapa dokumen, nanti mungkin ditempat-tempat tertentu akan kita tayangkan melalui bioskop keliling.

Ini lanjutnya, merupakan bagian dari PKN yang kita lakukan di Kabupaten Sanggau ini sampai tanggal 25 November. Nanti beberapa titik kita menggunakan bioskop keliling, mungkin berapa dokumentasi, dokumenter kegiatan kebudayaan yang sudah kita lakukan akan kita tayang ulang.

“Mudah-mudahan bisa mengingatkan kepada kita bahwa semua bahwa kegiatan kebudayaan di Sanggau sudah kita fasilitasi, Kita mini nya Indonesia,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Sanggau Sudarsono, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman beserta Ibu Ratu, para pengurus lembaga etnik dan pengurus sanggar yang ada di Kabupaten Sanggau. (JB)