Mahal nya Biaya Pemasangan Listrik, Masyarakat Desa Balai Gemuruh Akan datangi PLN Sambas

Senin, 23 November 2021

Sambas, BorneOneTV.com- Masyarakat Desa Balai Gemuruh mengeluhkan mahalnya biaya Pemasangan instalasi listik, Mereka harus merogoh koceknya lebih dalam untuk memperoleh aliran listrik, Balai Gemuruh, Subah, Kabupaten Sambas, Kalbar, Senin, (22/ 11/ 2021).

Kondisi Masyarakat yang serba sulit di saat Pandemi Covid-19, mahalnya Biaya pemasangan membuat  masyarakat menjadi berat, Masuknya Jaringan Listrik Di Desa Balai Gemuruh Tidak Membuat Masyarakat Bahagia, Pasalnya tarif Pemasangan KWH yang dikenakan kepada masyarakat bekisar, Rp.2.900.000,- ( Dua juta sembilan ratus ribu rupiah ) sampai dengan, Rp.3.500.000,-(Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) per Rumah.

Kakik yang merupakan warga Desa balai Gemuruh, mengeluhkan mahalnya tarif pemasangan KWH Listrik PLN tersebut.

Tarif yang dikenakan kepada masyarakat beragam-ragam, ada yang Rp.3.500.000 dan Rp.2.900.000 sampai Rp.700.000, itulah yang mau saya tanyakan apakah ada undang-undang nya dari program pemerintah, sehingga itu yang menjadi keberatan bagi kami, Ungkap Kakik, Senin, (22/11/2021).

Bahkan Ada tiang Listrik tertanam di tegah saluran Air, di pinggir tebing yang kondisinya rawan longsor sehingga bisa membahayakan Masyarakat Sekitar, Ungkap Kakik.

Harapan saya ini semoga cepat selesai dan sesuai berjalan dengan standar pemerintah, jangan lah sampai ada pungli diluar itu, kalau menurut saya Rp.3.500.000 itu udah termasuk pungli, satu KWH saja itu sudah berapa dia pungli, 100 KWH itu sudah berapa 100 juta mungkin di punggut dan di peras kalau menurut saya, karna itu sudah termasuk undang-undang pungli kalau menurut saya, cuma kita masih menginggat juga karna masih belum ketuk palu, mungkin mereka nanti bisa menggembalikan uang masyarakat kita tidak tau lah, ungkapnya.

Kakik berharap kepada pihak PLN, untuk  segera mengak Jaringan Tersebut, Agar masyarakat desa Balai Gemuruh bisa merasakan penerangan Listrik di Malam Natal, Ungkap nya.

Di tempat yang berbeda beberapa warga juga sempat memprotes terkait mahalnya tarif pemasangan KWH listrik PLN tersebut, merasa keberatan dengan tarif bekisar jutaan tersebut.

Kalau menurut kami itu sih berat pak. Kita kan tidak tahu kedepan nya, kita kan tidak tahu masyarakat perekonomian nya seperti apa,”katanya

Warga juga mengungkapkan bahwa mereka sempat di ancam jika tidak memasang melalui salah satu oknum tersebut

Malah kita di ancam pak kalau kita tidak memasang dengan dia malah listrik kita tidak dialirkan katanya pak”, ungkapnya

Menurut Ketua RT setempat juga sempat merasa keberatan dengan tarif yang begitu mahal yang dikenakan ke warganya untuk pemasangan tarif KWH listrik PLN di kampungnya

Warga merasa keberatan pak, dikarenakan dengan harga yang terlalu tinggi dan jelas kami tidak terima karna pasaran terlalu tinggi”.tegasnya.

Dengan Kejadian tersebut, Masyarakat Desa Balai Gemuruh Kan Mendatangi Kantor PLN Sambas, guna mempertanya Tarif Pemasangan Sebenarnya, Tegas warga.

( Dedi Anggara)