Gubernur Hadiri Rakor Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa

Selasa, 23 November 2021

Melawi, BorneOneTV.com-Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum., membuka secara resmi Rapat Koordinasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Melawi di Graha Sukiman Center, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalbar, Selasa (23/11).

Rapat Koordinasi ini turut dihadiri Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yusra, A.Md., Waki Bupati Melawi Drs. Kluisen beserta Forkopimda Kabupaten Melawi, Direktur Umum Bank Kalbar Rokidi, S.E., M.M., dan Beberapa Kepala Perangkat Daerah (OPD) Kalbar, serta Kepala Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Melawi.

Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H.,M.Hum, mengingatkan kepada Kepala Desa untuk tidak bermasalah terhadap aparat penegak hukum dikarenakan pengelolaan keuangan desa.

“Kepala desa harus memikirkan bagaimana susahnya ketika ingin menjadi kepala desa. Pengelolaan keuangan desa harus di kelola dengan benar sesuai petunjuk,” jelas Gubernur.

Gubernur meminta Kepala Desa dalam mengelola dana desa harus memperhatikan indikator klasifikasi desa yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, maka capaian yang didapat akan baik.

“Kepala Desa harus mengelola keuangan desa sesuai klasifikasi agar capaian yang didapat akan lebih baik. Jika di desa ada yang memiliki kemampuan maka ajak dia agar desanya dapat berkembang lebih baik,” pinta H. Sutarmidji.

Gubernur juga meminta Kepala Desa dan Camat untuk selalu memperhatikan data. Kepala Desa harus memperhatikan pendidikan dan kesehatan di desa mereka.

“Saya minta Kepala Desa dan Camat untuk memperhatikan data dalam bekerja, sektor Pendidikan dan kesehatan perlu diperhatikan. Jangan kalau jadi Kepala Desa hanya begitu saja tapi tidak berubah,” pinta Gubernur lagi dalam sambutannya.

Selain itu, Gubernur mengajak masyarakat melakulan penghijauan agar dapat dinikmati oleh masyarakat kedepannya.

“Ajak masyarakat untuk menanam buah, seperti tanam tengkawang, durian, dan buah lainnya jadi anak cucu kita bisa menikmati kedepannya,” Ajak Gubernur.

Seperti diketahui desa mandiri di Kabupaten Melawi sebanyak 23 desa, desa maju sebanyak 25 desa, desa berkembang 78 desa dan desa tertinggal 43 desa. Tahun 2021 ini yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Melawi menjadi desa mandiri sebanyak 15 desa. (L4Y).