Personel Lanud Supadio Terima Sosialisasi Tim Satgas P4GN TNI AU: Waspada Dengan Peredaran Narkotika

Kamis, 25 November 2021

Kubu Raya, BorneOneTV.Com-Personel TNI AU, agar selalu waspada dan turut berperan aktif dalam upaya pencegahan peredaraan dan penggunaan narkotika, yang saat ini telah memanfaatkan teknologi dalam menjalankan modus operandinya.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas P4GN Marsma TNI Danang Sulistyanto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Tim P4GN TNI AU, Kolonel Pom Agung Satya Wibowo, CHRMP., pada saat acara sosialisasi tentang narkotika di Gedung Graha Tedy Kustari Lanud Supadio, Kubu Raya, Kamis, (25/11/2021).

Meningkatnya korban penyalahgunaan narkotika di Indonesia membuat prihatin para penggiat pemberantas penyalahgunaan dan peredaran narkotika. Untuk itulah TNI Angkatan Udara membentuk Satgas Pencegahaan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika Angkatan Udara (P4GN TNI AU) untuk terus memantau setiap prajurit dan PNS TNI AU, ungkap Dansatgas P4GN.

Dansatgas menambahkan dalam pelaksanaan program kerjanya, P4GN TNI AU telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya deteksi dini dengan pemeriksaan urin sebagai bentuk early warning terhadap kemungkinan penyalahgunaan narkotika, memberikan sosialisasi yang bertujuan sebagai pemahaman pengetahuan mengenai narkoba dan akibat yang dapat ditimbulkan baik dari segi hukum, kesehatan, maupun mental.

” Apa yang kita laksanakan ini, merupakan upaya strategis dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkotika dimana penanganannya memerlukan peranan aktif dari segenap lapisan masyarakat, termasuk kita sebagai prajurit TNI AU,” tegas Dansatgas P4GN.

“Transaksi narkoba telah bermutasi dari modus operandi tradisional menjadi penggunaan teknologi daring dalam berbagai bentuk,” ujarnya.

Seiiring dengan penyampaian Dansatgas P4GN, Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadislog Lanud Supadio Kolonel Tek Aris Purnawan, S.T., menyampaikan melalui metode ceramah sosialisasi ini para anggota di Lanud Supadio dapat memperoleh berbagai masukan yang berharga tentang P4GN baik dari bidang Hukum, Pom, Kesehatan dan Bintal,  serta ilmu disiplin lainnya.

Diakhir sambutannya Danlanud menegaskan, tidak ada satupun anggota Lanud Supadio sekali-kali untuk mendekati Narkoba dan terjerumus dengan barang haram narkoba, karena jika sudah ketagihan, sangat susah untuk menghentikan dan dapat merugikan diri, keluarga dan TNI Angkatan Udara, tegas Danlanud

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga dilaksanakan tes urine seluruh anggota Lanud Supadio serta penyerahan dan penyematan rompi Duta P4GN TNI AU kepada Kadisops Lanud Supadio yang kemudian dilanjutkan ceramah bidang kesehatan oleh Letkol Kes Tri Cahyo Kukuh, S.Kep., ceramah bidang hukum oleh Letkol Sus Suharmoko, S.H., M.H., bidang Pom oleh Kolonel Pom Agung Satya dan ceramah bidang bintal disampaikan oleh Letkol Ahmad Mediansyah, M.Ag.(L4Y).