banner 120x600

TNI AU Dan TUDM Gelar Latihan Bersama

banner 120x600

Kubu Raya,BorneOneTV-TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Tentara Udara Diraja Malaysian (TUDM) menggelar Latihan Barsama (Latma) dengan sandi Elang Malindo XXVIII/2021 yang dilaksanakan di Negara masing-masing yaitu Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio dan Kuching, Malaysia.

Latma ini secara resmi dibuka oleh Direktur Latihan (Dirlat) TNI AU Kolonel Pnb Sidik Setiyono, S.E., M.Han di ruang Briefing Dinas Operasi (Disops) Lanud Supadio, Senin (29/11/2021) dan disaksikan secara virtual oleh Dirlat TUDM Kolonel Mohd. Najib Bin Saad. Pembukaan latihan ditandai pemasangan badge Latma Elang Malindo XXVIII/21 oleh kedua Direktur Latihan kepada masing-masing perwakilan dari TNI AU dan TUDM.

Dirlat TNI AU Kolonel Pnb Sidik Setiyono mengatakan Latma Elang Malindo rutin dilaksanakan dua tahun sekali. Pada tahun 2019 dilaksanakan di Malaysia dan tahun ini di Lanud Supadio.

“Dalam situasi pandemi ini latma Elang Malindo tetap dilaksanakan namun latma kali ini digelar secara terpisah, TNI AU dari Lanud Supadio dan TUDM dari Kuching. Latma ini melibatkan pesawat Hawk dan pesawat Helly sebagai standby SAR pada masing-masing kesatuan dan direncanakan dilaksanakan hingga 4 hari kedepan,” kata Dirlat.

Dirlat Kolonel Pnb Sidik Setiyono menambahkan semoga target latihan bersama dapat tercapai, dengan aman dan selamat, serta dapat lebih mempererat hubungan bilateral khususnya dibidang militer, karena latihan ini juga dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas dan kerjasama yang baik antara TNI AU dengan TUDM.
“Latihan bersama ini akan menguntungkan bagi kedua negara, selain memahami perkembangan teknologi dan berbagi pengalaman, TNI AU dan TUDM dapat merumuskan strategi pertahanan bersama dengan harapan terjalin kemitraan yang erat untuk mengatasi tantangan keamanan bersama,” pungkas Dirlat.
Turut hadir para Kolat Elang Malindo dari Mabesau, Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb M. Amry Taufanny, S.E serta para peserta Latma Elang Malindo XXVIII/21.(Dispen Lanud Supadio).

%d blogger menyukai ini: