banner 120x600

Baru pertama kali, pelaku pembobolan mesin ATM diringkus polisi

banner 120x600

Senin, 13 Desember 2021

Sekadau, BorneOneTV.com- Kasus baru, berbekal Obeng dan pahat dua orang Pelaku pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, kalbar. berhasil diringkus pihak kepolisian, Senin (13/12/2021).

Dua orang pemuda, G (28) dan HS (18) berhasil ditangkap polsek Nanga Mahap. Keduanya merupakan pelaku pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan cara mencongkel. Dari tangan pelaku, pihak kepolisian mengamankan obeng dan pahat yang dibuang salah seorang pelaku ke semak belukar di bawah jembatan dusun Engkayak desa Nanga Mahap, namun berhasil temukan. Dimana alat tersebut digunakan untuk membobol mesin ATM Kantor Kas Bank Kalbar Nanga Mahap.

Kapolres Sekadau melalui Kasat Reskrim Iptu Anuar Syarifuddin mengatakan pengungkapan kasus pembobolan mesin ATM tersebut usai pihak perbankan melaporkan telah terjadinya perusakan. Usai menerima laporan tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan guna mencari informasi dan mengumpulkan bukti yang diduga berkaitan dengan suatu peristiwa atau tindak pidana.

“Saat ini, Kepolisian berhasil mengumpulkan beberapa bukti sebagai petunjuk awal untuk bisa mengungkap peristiwa yang terjadi pada Kamis dinihari (9/12/2021) sekitar pukul 00.59 WIB,” kata Kasat Reskrim, Jum’at 10 Desember 2021.

Dari hasil olah TKP ditemukan bekas sidik jari. Pelaku yang diperkirakan berjumlah 2 orang berdasarkan hasil rekaman CCTV yang terpasang di mesin ATM Kantor Kas Bank Kalbar Kecamatan Nanga Mahap.

Adapun Hasil olah TKP selanjutnya, kata Kasat Reskrim, pelaku berusaha membobol mesin ATM dengan cara merusak cover lubang kunci brangkas menggunakan obeng dan pahat, namun tidak berhasil.

“Uang dalam brangkas sebesar Rp.108.000.000,- masih utuh, belum sempat diambil pelaku. Hal ini sesuai dengan perhitungan manual dan sistem yang ada di Bank tersebut,” ungkap Kasat Reskrim.

“Untuk sementara waktu uang di dalam brangkas telah dikosongkan oleh pihak Bank. Police Line masih terpasang di lokasi kejadian dan pihak kepolisian juga berjaga-jaga di lokasi tersebut guna kepentingan penyelidikan selanjutnya,” jelasnya.

Berselang beberapa waktu seusai penyidikan, Pihak Kepolisian berhasil mengungkap identitas para pelaku pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Kantor Kas Bank Kalbar Nanga Mahap.

Adapun Ciri-ciri pelaku sesuai penyidikan dan menurut keterangan masyarakat serta rekaman kamera CCTV Ialah G (28) dan HS (18) dimana para pelaku tersebut Sudah sering melakukan tindak pidana pencurian seperti kayu dan kelapa sawit milik warga.

“Berbekal informasi tersebut, personel Polsek Nanga Mahap segera bergerak cepat dan berhasil meringkus kedua pelaku pada lokasi berbeda, Pelaku berinisial G (28) ditangkap dirumahnya di dusun Riam Batang desa Nanga Suri, sedangkan HS (18) ditangkap ketika hendak ke rumah temannya mengendarai sepeda motor,” Kata Kapolsek Nanga Mahap Ipda Sudarsono, Minggu 12 Desember 2021.

Adapun kasus ini ditangani oleh Sat Reskrim Polres Sekadau. Kedua pelaku beserta barang bukti sudah dibawa ke Mapolres Sekadau untuk proses hukum selanjutnya. (Tut wuri/ Krisantus)

%d blogger menyukai ini: