TNI-AL Gelar Apel Pasukan Latihan Penyelamatan dan Pencarian di Laut

banner 120x600

Senin, 7 Maret 2022

Pontianak, BorneOneTV.com– TNI Angkatan Laut menggelar upacara pembukaan dan apel pasukan latihan pencarian dan penyelamatan di laut, bertempat di dermaga Dwikora Pontianak, senin 7 Maret 2022.

Adapun latihan pencarian dan penyelamatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur tingkat kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur SAR TNI Angkatan Laut, khususnya KOARMADA 1 dalam melaksanakan penanggulangan kecelakaan di laut.

Menurut Panglima Komando Armada 1, Laksamana Muda (Laksda) TNI Arsyad Abdulah, latihan ini sengaja dilakukan di Pontianak karena sering terjadi kecelakan di laut wilayah perairan kalimantan barat.

“Latihan ini sengaja kita laksanakan di Pontianak, karena beberapa informasi yang saya dapat bahwa sering terjadi kecelakaan di wilayah kerja KOARMADA 1 dalam hal ini di perairan Kalimantan Barat,” kata Arsyad.

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh 1 Regu Korsik Lantamal XII, 1 Tim Puspenerbal, 1 SST Lantamal XII, 1 SST Yonmarhanlan XII, 1 SST Ditpolair Polda Kalbar, 1 SST Basarnas Kalbar, 1 SST BNPB Kalbar, dan 1 SST PSDKP Kalbar.

Sedangkan Unsur Pendukung yang ikut dalam gelar KRI Kapitan Pattimura-371, KRI Siribua-859, Kal Lemukutan I-12-15, Kapal Basarnas RB 214 serta Ti Pendukung kesehatan terdiri dari 1 Tim Dokkes Bhayangkara Kalbar, dan 1 Tim Dinas Kesehatan Prov. Kalbar, serta 1 Tim Diskes Lantamal XII.

Dalam apel gelar pasukan latihan pencarian dan penyelamatan ini juga dilakukan pemeriksaan pasukan dan material dari semua unsur yang terlibat.

Selain itu Panglima Komando Armada 1, Laksamana Muda (Laksda) TNI Arsyad Abdulah juga mengatakan bahwa TNI AL akan terus melakukan pengamanan di wilayah perairan Indonesia terutama yang berada di wilayah perbatasan.

Sedangkan untuk mendukung rencana pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, TNI AL akan fokus pada perkuatan di wilayah perairan Balikpapan, kalimantan timur, dan untuk wilayah kalimantan barat akan dilakukan revitalisasi organisasi.

“Nantinya kita akan fokus untuk kekuatan unsur-unsur TNI Angkatan Laut di daerah Balikpaan disana akan kita tempatkan komando dermaga yang saat ini masih berada di Jakarta dan Lanal Balikpapan juga nanti akan kita perkuat dan disana ada Lantamal XIII Tarakan yang akan mendukung adanya IKN,” ujar Arsad.

“Untuk di Kalimantan Barat ini juga tetap kita akan perkuat dengan kita akan melaksanakan revitalisasi yang nantinya mungkin unsur-unsur Angkatan Laut yang ada di Lantamal ini akan kita tingkatkan,” pungkasnya. (Wuri)

%d blogger menyukai ini: