banner 120x600

Serikat PELIKHA Provisi Kalbar Peringati Hari Buruh Dengan Kegiatan Bakti Sosial di Bengkayang

banner 120x600

Bengkayang,BorneOneTV-Ketua Umum dan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pekerja Lintas Khatulistiwa (PELIKHA) Provinsi Kalimantan Barat melakukan peringatan Hari Buruh atau May Day dengan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial, di PT.Ceria Prima, di Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, pada (15/5/2022).

Kegiatan bakti sosial dilakukan dengan membagikan bantuan beras kepada para buruh yang bekerja di PT.Ceria Prima 1,2,3 dan PT.Wirata Kusumah yang tergabung dalam Darmex Agro group, sekaligus melakukan sosialisasi terkait serikat PELIKHA yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak buruh yang mana masih ditemukan belum adanya BPJS Kesehatan yang belum terdaftar, serta mekanisme pemberian upah yang masih di bawah standar dibawah UMK Kabupaten Bengkayang, serta permasalahan lainya yang menjadi PR dan harus diperjuangkan,”ujar Ketua DPD Pelikha Provinsi Kalbar,Roni, M. Panjaitan, SH, Senin (16/5/2022).

Lanjut katanya, bahwa kegiatan bakti sosial bersama para buruh mendapat tangapan positif dari pihak manajemen perusahaan Darmex Agro Group dengan memberikan ruang bagi para buruh untuk berorganisasi dan memperjuangkan hak-haknya dengan cara-cara yang baik, tertib dan yang positif, untuk membangun etos kerja di lingkungan perusahaan,”kata Roni.

Roni mengatakan, pihaknya sangat berterimkasih kepada Polda Kalbar yang telah memberikan donasi 50 karung beras kepada para buruh melalui Serikat PELIKHA Provinsi Kalbar,”ucapnya.

Terkait adanya temuan dilapangan mengenai hak- hak dari para buruh yang belum sepenuhnya dipenuhi oleh pihak perusahaan, seperti untuk jaminan kesehatan para buruh yaitu BPJS kesehatan, serta upah minimum kabupaten (UMK).

“Saya berharap agar pemerintah, dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, baik ditingkat provinsi maupun tingkat kabupaten, agar dapat melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang belum sepenuhnya memberikan hak-hak para buruh yang berkerja kepada perusahaan,”pungkasnya.(drn).

%d blogger menyukai ini: