banner 120x600

Pangkalan Utama TNI AL XII Menerima Tim Audit Kinerja Inspektorat Jenderal TNI Di Mako Lantamal Xll

banner 120x600

Mempawah,BorneOneTV- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII Laksamana Pertama TNI Suharto menerima Pengendali Teknis Tim Audit Kinerja Itjen TNI Marsekal Pertama TNI Prabowo, S.AP., M.M. beserta anggota Tim Audit di Mako Lantamal XII Wajok Hilir Kabupaten Mempawah, Kamis ( 02/06/2022)

Kedatangan Marsekal Pertama TNI Prabowo, S.AP., M.M. di Mako Lantamal XII disambut tradisi Angkatan Laut dengan Valreep dilanjutkan menuju ruang rapat untuk membuka acara Entry Meeting Audit Kinerja Itjen TNI Periode II TA. 2022 di Lantamal XII Pontianak dengan susunan acara dimulai dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan doa dan diteruskan dengan sambutan Komandan Lantamal XII, sambutan Pengendali Teknis Tim Audit Kinerja Itjen TNI dan ditutup dengan paparan oleh Tim Audit.

Dalam sambutannya Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto mengucapkan selamat datang kepada Pengendali Teknis beserta Tim Audit Kinerja Itjen TNI Periode II TA 2022 di Lantamal XII. Danlantamal menjelaskan sejarah berdirinya Lantamal XII yang diawali dengan berdirinya Perwakilan TNI AL (Perwal) tahun 1950 an kemudian berubah dengan Stasion TNI AL (Sional) dan berubah lagi dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) dan sejak 2015 menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XII yang diresmikan oleh Bapak Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M. AP. berdasarkan Perpang TNI Nomor 12 tahun 2015 tentang Pengesahan Validasi Organisasi dan Tugas Lantamal XII Pontianak dan Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut nomor 3 tahun 2015 tanggal 30 Juli 2015 tentang Peningkatan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kelas B Pontianak menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII.

Pengendali Teknis Tim Audit Kinerja Itjen TNI yang sehari-hari menjabat sebagai Irben Itjen TNI Marsekal Pertama TNI Prabowo, S.A.P., M.M. menekankan pada pointers sambutan Dalnis bahwa Fungsi Itjen TNI selaku APIP adalah Conssultan Partner berperan sebagai mitra kerja entitas, memberikan masukan dan saran tentang pertanggungjawaban program kerja dan anggaran kemudian sebagai Quality Assurance, APIP Itjen TNI berperan sebagai penjamin mutu bahwa prinsip-prinsip akuntabilitas telah dipenuhi dan juga sebagai Early Warning System melaksanakan pengawasan sejak dini guna mencegah penyimpangan atau kesalahan.

Selanjutnya Pengendali
Teknis juga memberikan informasi terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI dan perkembangan Reformasi Birokrasi oleh Kemenpan dan RB serta penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP oleh BPKP. Kita patut bersyukur bahwa laporan keuangan Kemhan/TNI tahun 2020 mendapat penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), namun dari hasil pemeriksaan BPK atas LK Kemhan/TNI tahun 2020 masih terdapat beberapa permasalahan yang dapat kita jadikan perhatian untuk menjadi tolok ukur perbaikan satuan dimasa yang akan datang.

Marsma TNI Prabowo juga menyampaikan perkembangan terkait pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) pada tahun 2021 dilingkungan TNI yang diusulkan untuk mendapat penilaian WBK/WBBM, hanya tujuh Satker yang berhasil dan mendapat predikat WBK tahun 2021 yaitu Paspampres, Disjarahad, Pussenarhanud, Pusdikkarmed Pussenarmed, Koarmada II, Kormar, dan Akademi Angkatan Udara.

Terakhir harapan dari Tim Audit Kinerja Itjen TNI di Lantamal XII adanya dukungan dan kerjasama dari seluruh entitas dalam menyiapkan data sehingga pelaksanaan audit ini dapat berjalan dengan lancar. Konfirmasi temuan audit sementara dilaksanakan setelah kegiatan dilaksanakan.

Kegiatan Entry Meeting Audit Kinerja Itjen TNI periode II TA 2022 di Lantamal XII dihadiri juga oleh Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Sugiyanto, S.T., M.M., para Asisten, Kadis dan Kasatker Lantamal XII.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII

%d blogger menyukai ini: