Paolus Hadi Berharap Koperasi Mampu Ngangkat Harkat Martabat Anggotanya

Sanggau,BorneoneTV-Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.I.P., M.Si menghadiri acara Hari Ulang Tahun Koperasi Simpan Pinjam (KSP) CU Banuri Harapan Kita Ke-27 Sekaligus Meresmikan Minimarket C-AB, Baharta Caffe dan Pusat Belajar Masyarakat Banuri Kasih di Kecamatan Balai. Kemarin Selasa (21/6/22).

Bupati Sanggau dalam di awal sambutannya menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun CU Baharta.
“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk CU Baharta ini, semoga diusia 27 tahun koperasi ini semakin mampu mensejahterahkan anggotanya dan masyarakat di Kabupaten Sanggau,” ucap Paolus Hadi.

Bupati dua periode itu juga berpesan agar Koperasi ini mampu mengangkat harkat dan martabat anggota koperasi ini agar lebih baik.
“Saya harap koperasi ini jangan lupakan anggota-anggota nya, supaya bermanfaat untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat dan anggota koperasii ini agar lebih baik,” pesan PH sapaan akrabnya.

Ia juga berpesan kepada Koperasi agar menampung serta menjual produk local dari masyarakat di Kecamatan Balai untuk dipasarkan di minimarket Koperasi.

“Saya tadi sudah pesan dengan pengurus agar ada produk lokal dapat dijual di minimarket ini, contoh lempok durian, karena Batang Tarang ini terkenal dengan duriannya, juga Gula Aren, supaya nanti pembeli tidak perlu jauh-jauh membeli produk lokal di sini,” pungkas Paolus Hadi.

PH juga mengapresiasi adanya pusat belajar masyarakat yang diresmikan dan berharap dapat membantu peningkatan angka IPM di Kabupaten Sanggau.
“Saya bangga juga bahwa hari ini kita resmikan Pusat Belajar Masyarakat Banuri Kasih, hal ini bagus karena pendidikan sangat bermanfaat untuk menunjang masa depan, saya pesan ini kepada anak-anak muda di sini, supaya kalian harus mau sekolah, karena kalau cuma sampai SMA sekarang ini, masih kalah kita,” pesan Bupati Sanggau.

Sementara itu, Ketua Pengurus CU Banuri Harapan Kita, Herkulanus Oni menyampaikan, kehadiran minimarket, kafe dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat tersebut diharapkan dapat menjadi daya dukung bagi anggota dan masyarakat sekitar untuk pengembangan potensi diri serta lingkungan.
“Karena tanpa dukungan dan kepercayaan anggota, kita tidak bisa seperti sekarang,” ucap Herkulanus

Pusat Belajar Masyarakat Banuri Kasih adalah pusat belajar untuk pendidikan formal dan nonformal untuk masyarakat yang ingin mengambil sekolah Paket A, Paket B dan Paket C di bawah pembinaan Yayasan El Sarfat dan bekerja sama dengan Flobamora Batang Tarang.

Saat diwawancarai perwakilan Flobamora Batang Barang menyampaikan bahwa saat ini Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Banuri Kasih juga mendapatkan dukungan dari Kecamatan Balai dan dinas terkait.

“Kehadiran PKBM Banuri kasih ini bergerak melalui unit-unit Koperasi Baharta di bidang pendidikan bersama dengan Yayasan El Sarfat dengan tujuan utama mengembangkan pendidikan di Kabupaten Sanggau secara khusus di Kecamatan Balai,” ujar Pilipus Lada.

“PKBM ini untuk membantu masyarakat yang ingin mengambil pendidikan informal yakni Paket A, Paket B, dan Paket C agar mereka dapat melanjutkan pendidikannya”, sambung Pilipus Lada yang merupakan Pendiri CU Banuri Harapan Kita.(JB /Kom)