Serahkan 6 Unit Kapal Motor Cepat RIB TNI AD 16 Penumpang, Ini Pesan Pangdam XII/ Tpr

banner 120x600

Rabu, 17 Agustus 2022

Pontianak, BorneOneTV.com – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., menyerahkan Kapal Motor Cepat RIB (Rigid Inflatable Boat) TNI AD 16 Penumpang kepada Kabekangdam XII/Tpr, Kolonel Cba Putra Bungsu Usman, S.I.P., M.M., bertempat di Taman Alun Kapuas, Kota Pontianak.

Dalam hal ini Mayjen TNI Sulaiman Agusto secara simbolis menyerahkan sebanyak 6 (enam) unit Kapal Motor Cepat RIB kepada Bekangdam XII/Tpr guna menunjang kesiapan operasional satuan. Kapal cepat ini merupakan dukungan Kementerian Pertahanan RI kepada TNI Angkatan Darat.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pengadaan sebanyak 6 unit Kapal Motor Cepat RIB ini bersumber dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

“Ini sudah diserahkan dari Menteri Pertahanan kepada Kasad,” ungkap Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Untuk itu, Pangdam XII/Tpr berpesan kepada Kabekangdam XII/Tpr agar dimanfaatkan, dioperasionalkan dan dirawat Alutsista ini dengan sebaik – baiknya, supaya usia pakainya bisa berlangsung lama.

“Karena pengadaannya tidak setiap tahun, untuk itu harus dirawat. Sampaikan hal ini ke seluruh satuan termasuk satuan kita yang ada di Kalimantan Tengah,” pesan Pangdam kepada Kabekangdam.

Sedangkan Kabekangdam XII/Tpr, Kolonel Cba, Kolonel Cba Putra Bungsu Usman mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XII/Tpr. Enam unit kapal tersebut akan didistribusikan diantaranya, 1 unit di Tepbek Pontianak, 1 unit di Denharjasa, 1 unit di Denbekang Palangka Raya dan 2 unit di Denbekang Sintang.

Kabekang mengatakan, kemarin sudah dilakukan uji kelayakan terhadap 6 unit kapal tersebut. Dan semuanya dinyatakan layak untuk mendukung operasional. Saat diuji dalam lima ribu rpm dengan 16 penumpang, kapal mampu dalam kecepatan 40 Knot.

“Untuk itu, kami akan merawat dan akan selalu bertanggung jawab terhadap pemeliharaan unit ini, termasuk satuan-satuan kami dalam mendukung tugas pokok Kodam khususnya di daerah. Baik mendukung kegiatan taktis militer maupun dukungan bantuan kepada masyarakat,” tutupnya.

Acara penyerahan Kapal Motor Cepat RIB siang hari ini dihadiri Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djauhari, S.E., M.M., Dircab Pusbekangad, Brigjen TNI Akhmad Muzamil, para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Kabalakdam XII/Tpr, para Perwira Bekangdam XII/Tpr dan perwakilan dari PT. Praba Cipta Mandiri.

(Pendam XII/Tpr)

(Dedi Anggara)

%d blogger menyukai ini: