banner 120x600

Peringati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut, Lantamal XII Gelar Khitanan, Donor Darah Diatas Kapal Perang

banner 120x600

Mempawah,BorneOneTV- Menyambut HUT ke-77 TNI Angkatan Laut, Lantamal XII menggelar bhakti kesehatan yang dilaksanakan di atas kapal perang KRI Siribua – 859 dan KAL Lemukutan di Dermaga Satrol Lantamal XII Pontianak.
Bhakti kesehatan tersebut meliputi khitanan, donor darah dan perawatan gigi, Selasa (6/9/2022).

Bhakti kesehatan Lantamal XII, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut, kegiatan ini terbuka untuk seluruh masyarakat maritim di Kalimantan Barat.
Ada yang berbeda pada kegiatan bhakti kesehatan Lantamal XII yaitu pelaksanaan donor darah dan khitanan bertempat diatas kapal perang KRI Siribua dan Kal Lemukutan yang bersandar di dermaga Satrol Lantamal XII Pontianak.
Hal ini dilaksanakan untuk ikut dalam memecahkan rekor Muri untuk TNI Angkatan Laut pada usianya yang ke 77 Tahun.

Dari geladak kapal perang, Danlantamal XII didampingi Kadiskes Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Abdullah Mugan M., S.P Pros, Kadis Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes dan Kabid Dokes Polda Kalbar yang diwakili AKBP Sugianto melaksanakan video conference bersama Kasal yang terpusat dari KRI Semarang – 594.

Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han) menyampaikan, kegiatan bhakti kesehatan TNI Angkatan Laut tersebut digelar secara serentak di seluruh Indonesia.
Bhakti kesehatan dalam rangkaian HUT ke-77 TNI AL di Lantamal XII Pontianak melibatkan seluruh unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak.

“Hadir juga dari Prajurit Kodam XII/Tanjungpura, Polda Kalbar, Lanud Supadio, Dinkes Provinsi, PMI Kota Pontianak dan Dinkes Pontianak juga ikut berpartisipasi. Selain itu masyarakat maritim lainnya juga kita libatkan dalam kegiatan bhakti kesehatan ini. Unsur kapal untuk pendukung kegiatan hari ini melibatkan dua buah kapal, KRI Siribua – 859 dan KAL Lemukutan,” kata Danlantamal.

Pelaksanaan kegiatan Bhakti Kesehatan dalam Rangka HUT ke-77 TNI Angkatan Laut berhasil melaksanakan Donor darah di Lantamal XII 152 orang, Khitanan 36 orang anak dan Pembersihan karang gigi (Scaling) berjumlah 102 orang yang berlangsung di balai Kesehatan Lantamal XII Pontianak. Sementara itu Lanal Ketapang yang yang merupakan jajaran Lantamal XII melaksanakan bakti kesehatan juga dengan menggelar donor darah berhasil sebanyak 94 orang.

Salah seorang warga yang ikut mengkhitan anaknya berumur 6 tahun, Abdul Rokhim warga Tanjung Saleh, Kecamatan Sungai Kakap menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut. Karena melalui bhakti kesehatan tersebut dapat membantu anaknya khitanan gratis.

“Alhamdulillah ya, saya merasa terbantu. Dan ini pertama saya melihat pelaksanaan khitanan dan donor darah diatas kapal, biasanya dilakukan diruangan atau dalam tenda. Semoga TNI Angkatan Laut semakin jaya, ya.. Sudah okelah”, katanya sembari menuntun anaknya yang baru saja selesai disunat.

Turut hadir dalam acara bhakti kesehatan ini pejabat utama Lantamal XII, Dansatrol, Kakuwil, Kadis dan Kasatker Lantamal XII serta Kadin Kesehatan Kota Pontianak, organisasi masyarakat serta mitra dari Lantamal XII Pontianak.

Ksatria Jala Khatulistiwa
Dispen Lantamal XII

%d blogger menyukai ini: