banner 120x600

Advokat Dwi Joko Prihanto, S.H,. M.H., CIL Apreasiasi Penangkapan Para Pelaku Pengeroyokan Advokat

banner 120x600

Pontianak,BorneOneTV- Advokat Dwi Joko Prihanto, S.H,. M.H., CIL yang juga merupakan Candidate Doktor mengapresiasi jajaran Polda Kalbar dan Polres Kubu Raya yang telah berhasil menangkap para pelaku pengeroyokan terhadap 2 (dua) advokat yaitu Advokat Glario Sanen, S.H dan Marsianus Dwi W. Donatus, S.H

Sebagai advokat dan Praktisi Hukum saya sangat mengapresiasi kinerja dari jajaran Polda Kalbar dan Polres Kubu Raya yang dengan sigap telah berhasil melakukan penangkapan terhadap para pelaku pengeroyokan advokat, “ungkapnya kepada awak media (15/9/2022).

Ia sangat menyayangkan, seharusnya peristiwa pengeroyokan terhadap advokat yang sedang menjalankan tugasnya tidak sampai terjadi. Advokat melakukan tugasnya didasarkan pada surat kuasa dari pemberi kuasa. Sebagai seorang advokat dapat bertindak di dalam dan luar pengadilan; dan saat itu sedang dalam agenda Sidang Pemeriksaan Setempat (PS) dilakukan oleh Majelis Hakim setelah pemeriksaan perkara dan itu biasa dilakukan jika telah sampai pada tahap pembuktian. Bukan Hanya Hakim saja yang hadir, tapi juga Panitera, Tergugat dan Pengugat, sehingga peristiwa pengeroyokan itu seharusnya tidak sampai terjadi dalam
agenda Sidang Pemeriksaan Setempat (PS).

“Saya berharap kasus seperti ini tidak terulang kembali, karena perbuatan tersebut merupakan pelangaran hukum yang tidak dibenarkan. Apalagi advokat saat itu sedang melajankan tugas/ tahapan persidangan,”tegas Dwi Joko Prihanto.

Saya harap kedepannya untuk jajaran pengamanan supaya bisa lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya. Karena biasanya untuk agenda Sidang Pemeriksaan Setempat (PS) pasti ada pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak pengadilan serta sudah mengajukan permohonan pengamanan tentunya, tapi kok bisa kecolongan.

“Tentu ini sangat mencoreng kewibawaan daripada pihak-pihak yang saat itu sedang menjalankan tugas,”ujar Dwi Joko Prihanto.

Dwi Joko Prihanto menghimbau “agar masyarakat tidak mudah terprovokasi isu- isu yang tidak benar yang menyesatkan. Percayakan kepada Polisi dan Penegak hukum lainnya, sehingga kita tidak menjadi hakim dan saling menunjuk kesalahan, karena semua akan terungkap dalam fakta persidangan tentang persoalan hukum, baik sebagai Penggugat atau Tergugat. Silahkan kawal persidangan itu dengan baik. Peran media sangat dibutuhkan untuk perkara ini”

“Mari kita saling melindungi, menjaga kondisi keamanan daripada daerah kita. Mari kita bekerja sesuai fungsi kita dengan penuh tanggungjawab. Semoga masalah ini segera terselesaikan dengan baik dan para “pencari keadilan” mendapatkan “keadilan” seperti yang diharapkan, “pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: