Kapolres Kayong Utara Terima Penghargaan Capaian Kinerja Keuangan Pimpinan Instansi Vertikal

banner 120x600

Kayong Utara,BorneOneTV- Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Hidayat, S.H.,S.I.K.,menerima Penghargaan Capaian Kinerja Keuangan Pimpinan Instansi Vertikal dari Pemerintahan Kabupaten Kayong Utara, di Istana Rakyat Jalan Tanah Merah Sukadana pada,Jum’at (16/9/2022).

Penghargaan diberikan pada saat dilaksanakan rapat koordinasi evaluasi kinerja keuangan pusat dan daerah, sekaligus penyampaian apresiasi capaian kinerja keuangan pusat dan dana desa semester I tahun 2022 yang dihadiri langsung olehBupati Kayong Utara Drs. Citra Duani, Kepala KPPN Ketapang Ismail, Ketua TP PKK Ny. Yayuk Citra Duani, KPU KKU M.Rusdiansyah, S. Hut, Kepala Kantor Pertanahan, Kepala BPS, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tl. Batang, Kepala Kemenag Tk Indra Kusuma, OPD, Camat Se- Kab. Kayong Utara, Kepala Madrasah Aliyah, Kepala MTS 1 KKU, Kepala MTS 2 KKU, Kepala MTS 3 KKU,serta Kades Se- Kab. Kayong Utara.

Dalam rapat koordinasi tersebut, dipaparkan juga bagaimana tata cara penyaluran Dana Desa dan Bantuan Langsung Tunai untuk Desa, serta kewajiban perpajakan bagi pemerintah desa serta tata cara penghitungan dan pemungutan pajak oleh Kaur Keuangan Desa Terhadap Belanja Desa.

Selain Kapolres Kayong Utara, penghargaan juga diberikan kepada pimpinan instansi vertikal lainnya, antaralain kepada Ketua KPUD Kab. Kayong Utara, Kepala Kantor Kemenag Kab. Kayong Utara, Kepala Kantor Pertanahan Kab. Kayong Utara, Kepala Kantor BPS Kab. Kayong Utara, Kepala Pelabuhan Perikanan Teluk Batang, Kepala MTS 1 KKU,Kepala MTS 2 KKU,Kepala MTS 3 KKU dan kepada Kepala MAN Kayong Utara.

Penghargaan juga diberikan kepada tiga pemerintah desa mandiri, yaitu kepada Desa Teluk Melano, Desa Seponti Jaya, Desa Telaga Arum dan 3 perintahan desa reguler, yaitu Desa Simpang Tiga, Desa Wonorejo dan Desa Podo Rukun.

Dalam kesempatanya Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani menyampaikan ucapan terima kasih kepada instansi vertikal, pemdes yang sudah melakukan penyerapan APBN, APBD dengan baik sehingga bisa bermanfaat yang sampai semester I Indikator kinerja penggunaan anggaran 96,51%..

Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani berharap agar ASN dalam bekerja mampu bersaing dan profesional dalam melaksanakan tugasnya untuk mengamankan kebijakan pimpinan.

“Jangan saling menyalahkan dalam proses pengadaan barang dan jasa ini semua dapat bersaing dan terbuka untuk umum, semua memiliki hak yang sama,”tuturnya.

Ia juga berharap, dalam waktu dekat akan dilaksankan Pilkades serentak untuk itu agar pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan aman, selain itu ucapan terimakasih kepada PJ yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, serta diharapkan agar para Kades bisa bersinergi dengan BPD sehingga pelaksanaan operasional desa bisa berjalan dengan baik, jangan mementingkan kepentingan pribadi sehingga masyarakat jadi korbannya,”ucapnya.

Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani juga berpesan agar dalam Pilkades nantinya dapat memilih pemimpin yang amanah, yang memiliki jiwa pemimpin dan mampu berkoordinasi, agar kinerja yang telah kita laksanakan dapat ditingkatkan dan dan dipertahankan sehingga mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi,”pesanya.

Menurutnya, pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pelaksanaan APBN dan Kinerja penyaluran Dana Desa dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Kab. Kayong Utara bagi Satker, Instansi Vertikal dan Pemerintah Desa,”ujar Citra Duani.

Lanjut katanya, minimnya SDM merupakan salah satu faktor penyebab sehingga dalam pelaporan anggaran oleh satker, instansi dan pemerintah desa masih ada temuan tentang laporan keuangan oleh KPPN.

“Dan terkait hal tersebut KPPN mengharapkan Polres Kayong Utara dapat bersaing dengan Instansi Vertikal lainnya dalam laporan capaian kinerja keuangan sehingga prestasi yang telah didapat bisa dipertahankan dan lebih baik.
Polres Kayong Utara juga dapat berperan aktif dalam pengawasan terutama penggunaan dana desa sehingga dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan anggaran sehingga dapat merugikan masyarakat,”pungkasnya. (Dd).

%d blogger menyukai ini: