banner 120x600

Wakil Bupati Sintang Apresiasi PT WPP atas penanggulangan tumpahan CPO di sei Melawi

banner 120x600

Sintang, BorneOneTV.com- Terkait tumpahan CPO di sei Melawi beberapa waktu lalu wakil bupati Sintang melkianus bersama Kapolres Sintang, komisi D DPRD kabupaten Sintang, dinas LH pertanian serta pol PP meninjau langsung ke lokasi pada Jumat 23/10/2022 ke pabrik PT Wahana Plantition and products ( WPP ) yang terletak di desa Tebing Raya Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

Saat ini kita meninjau langsung ke lokasi di mana ponton yang membawa cpo terbalik sehingga menyebabkan tumpahnya CPO ke sei melawi yang sempat meresahkan warga sekitarnya dan ini merupakan hari ke 13 tumpahan CPO tersebut.

Tumpahnya CPO ke sei Melawi merupakan musibah yang tidak bisa kita hindari, namun dari pantauan kita hari ini bahwa tumpahan CPO yang sempat membuat sei Melawi di sekitar desa Tebing Raya dan desa teretung tercemar sudah dapat di atasi oleh pihak PT WPP dalam hal ini kita patut memberikan apresiasi atas cepat tanggapnya pihak PT WPP dalam mengatasi tumpahan CPO tersebut.

Dampak dari tumpahan CPO di aliran sungai melawi tentulah ada tentu kita harus bersabar menunggu hasil lab yang sedang di lakukan oleh dinas LH, dan khusus masyarakat yang terdampak pihak perusahaan tentunya harus bertanggung jawab baik di bidang kesehatan maupun sarana air bersih, ujar Melki.

Sementara pihak PT WPP lewat divisi lingkungan menyampaikan bahwa pihak perusahaan akan bertanggungjawab sepenuhnya dalam pembersihan tumpahan CPO di sei Melawi, CPO yang masih ada di aliran sungai melawi akan kita bersihkan dengan bekerjasama dengan warga setempat sehingga ke depan tidak ada lagi tumpahan CPO di sungai. Kita juga sudah membentuk posko untuk memudahkan kita memonitor apakah masih ada tumpahan CPO di sungai, dan kami juga mengharapkan masyarakat untuk memberitahukan ke pihak perusahaan apabila melihat adanya tumpahan CPO sehingga kita bisa segera membersihkannya.

Untuk kompensasi warga yang terdampak sudah kita lakukan terutama di desa Tebing Raya dan desa teretung di mana pihak PT WPP sudah menyalurkan air galon untuk warga dan sudah membuat pompa air sehingga warga bisa mendapatkan air bersih ungkap Arya.

Ketua komisi D, Zulherman Menyampaikan bahwa apa yang di lakukan oleh pihak PT WPP dalam mengatasi tumpahan CPO sudah cukup baik di mana pihak perusahaan cepat tanggap sehingga dalam 13 hari paska kejadian kita lihat bersama bahwa tumpahan CPO sudah tidak ada lagi kita temukan di sungai Melawi. Pihak perusahaan harus tetap memperhatikan warga yang terdampak tumpahnya CPO supaya bisa di tangani dengan baik.

Kapolres Sintang bapak AKBP Tommy Ferdian saat di minta keterangan terkait tumpahnya CPO tersebut mengatakan pihak polres Sintang sudah memanggil beberapa pihak terkait untuk di minta keterangan, kita masih menyusun rangkaian peristiwa dan secara umum belum komprehensif, jika semua pihak sudah kita mintai keterangan tentu akan kita sampaikan lebih lanjut.

Saat ini polres Sintang masih menunggu hasil lab yang di lakukan oleh dinas LH untuk mengetahui sejauh mana dampak atas tumpahan CPO tersebut sebab mereka ( LH ) yang berkompeten terkait hal tersebut, untuk dugaan pidana tentunya kita menjunjung ada praduga tak bersalah, pungkasnya .

(Tim)

%d blogger menyukai ini: