Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Kelompok Tani Mandiri Sejahtera Desa Nanga Kempangai Tanam Jengkol dan Petai

banner 120x600

Melawi,BorneOneTV- Dalam rangka pelaksanaan program Rehabilitasi Lahan dan Hutan (RHL), Kelompok Tani Mandiri Sejahtera di Desa Nanga Kempangai, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi melakukan pembibitan jengkol dan Petai.

Program RHL oleh Kelompok Tani Mandiri Sejahtera merupakan Program dari Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kapuas.

Program RHL tersebut dikelola langsung oleh kelompok tani secara swakelola di lahan seluas 100 Ha, dengan jenis bibit yang di tanam yaitu jengkol dan Petai,”terang Catur Basuki Setiawan, Kepala Seksi RHL BPDAS Kapuas (30/9/2022).

Kelompok Tani Mandiri Sejahtera menyambut baik program RHL dari pemerintah dan akan berupaya untuk melaksanakan amanah tersebut. “Kami akan berupaya melaksanakan amanah program RHL ini, mulai dari pembibitan penanaman serta pemeliharaan. Dan toh hasilnya nanti juga untuk kami selain hasil banyak manfaatnya nanti yang akan di serahkan oleh masyarakat luas misalnya pulihnya oksigen serta mencegah dari bahaya banjir dan tanah longsor,”ujar Suherman, ketua Kelompok Tani Mandiri Sejahtera, pada September 2022 lalu.

Program RHL di Desa Nanga Kempangai, Kecamatan Ella Hilir juga mendapat dukugan dari tokoh masyarakat setempat, karena dapat bermanfaat untuk masyarakat baik dalam jangka menengah maupaun jangka panjang dengan adanya lapangan pekerjaan, mulai dari menanam bibit persiapan lahan baik penanaman maupun pemeliharaan. (Rls/Dd).

%d blogger menyukai ini: